Cowok Wajib Menjaga Kesehatan Kulit

On Kamis, 22 September 2011 0 komentar

Cowok wajib menjaga kesehatan kulit

Sekarang udah gak jamannya kalo ada yang bilang “cowok yang kulitnya bersih dan terawat itu kaya cewek”. Emangnya cewek suka sama cowok yang kulitnya burik atau buduk, dimana – mana ada koreng, dakinya banyak? :)) . Gak bisa dipungkiri lagi kalo cewek pasti suka sama cowok yang rapih, bersih, apalagi kulitnya terawat. Nah, ini udah jamannya buat para cowok untuk menjaga kesehatan kulit mereka. Sekarang udah banyak kok, body lotion yang dikhususkan untuk cowok salah satunya vaselinemen ini. Kulit cowok sama cewek itu beda. Jadinya gak mungkin cowok pake body lotion cewek atau sebaliknya. Kalo emang kejadian, itu baru deh bisa dibilang kaya cewek. Hihi.. Coba disimak soal kulit, perbedaan kulit cowok dan kulit cewek sama tips menjaga kesehatan kulit untuk cowok berikut ini.

Diagram Kulit
Diagram Kulit
Kulit itu apa sih? Fungsinya apa?
Kulit. Kulit manusia itu terdiri atas epidermis dan dermis. Kulit itu berfungsi sebagai  alat eksresi karena adanya kelenjar keringat yang terletak di lapisan dermis.
HAH? Epidermis? Epidermis itu apa? dan Dermis itu apa?
Okeh, gini. Epidermis merupakan lapisan teratas pada kulit manusia dan memiliki tebal yang berbeda – beda: 400 – 600 μm untuk kulit tebal (biasanya ada di telapak tangan dan kaki) dan 75 – 150 μm untuk kulit tipis (yang pasti selain di telapak tangan dan kaki, memiliki rambut). Epidermis tersusun atas lapisan tanduk dan lapisan Malpighi. Lapisan tanduk atau korneum (bahasa kerennya) merupakan lapisan kulit mati, yang dapat mengelupas dan digantikan oleh sel – sel baru. Lapisan Malpighi terdiri atas lapisan spinosum dan lapisan germinativum. Lapisan spinosium berfungsi menahan gesekan dari luar dan lapisan germinativum mengandung sel – sel yang aktif membelah diri, menggantikan lapisan sel – sel pada lapisan korneum. Oh iya, Lapisan Malpighi mengandung pigmen melanin yang memberi warna pada kulit.
Dermis, yaitu lapisan kulit yang ada di bawah epidermis, memiliki ketebalan yang bervariasi bergantung pada daerah tubuh dan mencapai maksimum 4 mm di daerah punggung. Dermis terdiri dari atas dua lapisan dengan batas yang tidak nyata, yaitu stratum papilare dan stratum  reticular. Lapisan Dermis ini mengandung pembuluh darah, akar rambut, ujung syaraf, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Ternyata keringat yang kita keluarkan bisa mencapai 2.000 ml loh setiap hari, tergantung pada kebutuhan tubuh dan pengaturan suhu. Pada suhu panas, kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh kapiler di kulit melebar. Melebarnya pembuluh kapiler akan memudahkan proses pembuangan air dan sisa metabolisme. Keluarnya keringat dikontrol oleh hipotamulus.
Terus akibatnya apa kalo kulit kita gak sehat?
Hemm.. banyak banget akibatnya kalo kulit kita gak sehat, salah satunya yang sering banyak terjadi adalah Jerawat. Pasti udah gak heran dengan jerawat. Jerawat pada umumnya disebabkan oleh perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit, sehingga kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan. Atau juga sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
Penyebab lainnya adalah sel – sel kulit mati dan bakteri. Ngeri ya?
Terus bedanya kulit cowok sama kulit cewek?

Kalo info yang ini saya ambil dari situsnya vaselinemen, yaitu :
  1. Kulit cowok itu 25% lebih tebal dan menipis sesuai dengan usia.
  2. Kerutan kulitnya lebih keliatan di kulit cowok (dibanding sama cewek pada kondisi dan umur yang sama).
  3. Kandungan kolagen di kulit cowok lebih tinggi pada segala usia.
  4. Tekstur kulit cowok itu lebih kasar karena stratum corneumnya lebih tebal.
  5. Kulit pria lebih asam (coba aja dijilat :P ), dan
  6. Sekresi keringat cowok lebih asam.
Jelas beda kan kulit cowok sama kulit cewek, makanya udah saatnya cowok juga peduli sama kulitnya.
Cara perawatannya gimana?
Udah jelas cara perawatannya beda sama cewek. Dan jangan dibayangin cara perawatannya ala cewek. Yang ada kalian makin berpikir malah jadi cewek. Sederhana aja kok cara perawatannya. Dan beberapa juga udah diinfokan di twitternya @vaselinemen. Oke, beberapa aku copy-paste dimari.
  1. Jgn menyentuh apalagi brusaha memecahkan JERAWAT. Kalau tangan kmu kotor, keadaan akan menjadi lebih buruk.
  2. Biar tambah seger dan jd semangat, mandinya jgn pke air anget sob! Mandi pake air anget bikin kulit kita jd kering!
Begitu aja? Ya ngga donk :). FYI, Kulit juga butuh vitamin loh, vitaminnya kaya gimana sih? Salah duanya adalah Vitamin B3 factor dan Antioxidants. Vitamin B3 factor berfungsi untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan membersihkan wajah dari kotoran dan debu polusi, kalo Antioxidants membantu mengurangi kekusaman pada wajah. Karena kulit cowok itu lebih tebal dibanding kulit cewek, udah pasti kulit cowok mempunyai pori – pori lebih besar. Adapun untuk wajah dengan kulit normal, gunakan pembersih muka yang mengandung vitamin B3 Factor dan Antioxidantsnya, contohnya Whitening Deep Clean Face Washnya Vaselinemen, wajah menjadi lebih segar.
Atau kalau memiliki wajah berminyak dan suka ada jerawat, gunakan pembersih muka yang mengandung Oil control agents, vitamin dan mineral yang membantu mengurangi kelebihan minyak pada wajah, merawat kulit yang berjerawat dan menjaga kulit tetap sehat.
Itu untuk wajah, untuk kulit tangan atau badan gimana? Ya sama, vitamin yang dibutuhin juga sama kok, tapi bukan berarti pembersih muka bisa digunakan di badan loh.. :P karena selain butuh vitamin B3 Factor, kulit tubuh kita juga perlu yang namanya Vitamin E factor yang membuat kulit terasa segar dan sejuk. Untuk cowok, gunakan body lotion yang pastinya khusus untuk cowok, yang di setiap body lotion tertulis “men” kayak vaselinemen dan lain – lain :D.
Lomba Blog Vaseline Men
Lomba Blog Vaseline Men
Selain pake pembersih muka dan body lotion, cara lain yang alami bisa ikutin twitternya @vaselinemen, dimana selain dapet tips sehat juga bisa dapet hadiah loh. Buat cowok dan suka bola, pastinya mau donk nonton piala dunia di Afrika? Coba deh buka http://www.vaselinemen.com.

Nah kalau udah muka keren, tinggi, dan kulitnya terawat kaya foto diatas, cewek mana coba yang gak mau? ;))
Update : coba deh, search di google dengan keyword "kulit cowok dan kulit cewek", banyak juga loh dari hasil search itu yang bilang, cowok merawat kulit adalah hal yang wajar

0 komentar:

Posting Komentar