Bakar Kalori Dengan Berjalan Kaki

On Kamis, 22 September 2011 0 komentar

Berjalan kaki secara rutin merupakan salah satu olahraga yang paling murah dan paling sederhana dilakukan. Setiap orang, baik tua maupun muda bisa melakukan olahraga ini dengan baik. Selain itu, berjalan kaki secara rutin juga membawa banyak manfaat dan salah satunya adalah mampu membakar kalori dalam tubuh manusia.
Berapa banyak kalori yang dibakar ketika kita berjalan?
Seorang pria dengan berat badan sekitar  68 kg dapat membakar 100 kalori/km, 200 90 kg dapat membakar 133 kalori/km, dan pria dengan berat badan  113 kg dapat membakar 166 kalori/km. Jumlah pembakaran kalori dalam tubuh kita sebetulnya sama, baik ketika sedang berjalan ataupun berlari. Mari kita lihat penjelasan berikut tentang berapa banyak kalori yang dibakar ketika Anda berjalan dengan kecepatan dan berat badan yang berbeda.
Apa rata-rata kecepatan berjalan yang baik?
  • Kecepatan rata-rata berjalan yang baik adalah 3-4 km/jam, tergantung pada panjang kaki Anda dan seberapa cepat kaki Anda.
  • Ada baiknya Anda mulai dengan berjalan kecepatan yang sedikit lambat terlebih dahulu, tapi nanti akan terasa lebih cepat jika Anda melakukannya secara rutin.
  • Melakukan treadmill ataupun berjalan di luar ruangan memberikan manfaat yang sama. Atur kemiringan alat treadmill Anda sebanyak 1% untuk menyerupai berjalan di luar ruangan.
Berapa banyak berjalan kaki yang harus dilakukan?
Ada 2 latihan yang disarankan di Amerika Serikat:
  • Dokter ahli bedah menyarankan berjalan kaki selama 30 menit atau lebih dalam 5 hari atau lebih untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.  Metode ini bisa Anda lakukan secara terpotong-potong, misalnya berjalan kaki sebanyak 10-15 menit dalam sehari. Dan upayakan tubuh Anda selalu merasa hangat dan sedikit kehabisan nafas ketika Anda melakukannya.
Berikut adalah beberapa saran untuk menggabungkan olahraga jalan kaki di tengah-tengah kesibukan Anda:
  1. Turun dari bus yang Anda gunakan sebelum sampai di lokasi biasa Anda turun. Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk berjalan kaki mencapai lokasi tersebut.
  2. Parkir kendaraan Anda sedikit jauh dari toko tempat Anda berbelanja.
  3. Jalan kaki menuju tempat makan siang Anda, walaupun makanan tersebut bisa dipesan melalui telepon.
  4. Jika kantor Anda dekat dengan lokasi Anda tinggal, ada baiknya Anda berjalan kaki menuju kantor daripada menggunakan kendaraan dalam jarak yang pendek.
  5. Biasakan memotong rumput halaman Anda dengan tidak menggunakan mesin, lakukanlah secara manual.
  6. Tinggalkan sepatu kets Anda di kantor untuk melakukan jalan kaki singkat selama 10 menit di luar kantor sebagai bentuk relaksasi melepas stres.
  • The American College of Sports Medicine menyarankan melakukan 20-60 menit aktivitas rutin selama 3-5 kali dalam seminggu. Ini sangat berguna untuk meningkatkan 60%-90% dari detak jantung maksimum Anda.

0 komentar:

Posting Komentar