TRY OUT

On Senin, 11 April 2011 0 komentar

Try Out UN merupakan salah satu usaha yang dilakukan dalam rangka menghadapi Ujian Nsional. Try Out diyakini mampu mendongkrak nilai UN disetiap jenjang Satuan Pendidikan. Baik itu tingkat SD, SMP dan SMA. Mengapa? Sejauh mana kebermamfaatan Try Out itu bagi siswa? Berikut penjelasan singkatnya.


1. Try out dilaksanakan persis seperti UN. Tempat duduk, Waktu serta nomor ujian siswa diatur sama dengan UN. Ini bertujuan untuk membiasakan siswa dalam menghadapi UN yang sesungguhnya. Pengawas serta Administrasinya pun dilakukan sama dengan apa yang dilakukan saat UN. Diharapkan dengan usaha ini siswa terbiasa sehingga tidak canggung atau demam panggung lagi saat UN sebenarnya dilaksanakan.

2. Soal Try Out disesuaikan dan diharapkan persis sama dengan soal UN. Soal – soalnya disesuaikan dengan SKL yang diberikan oleh pemerintah yang dalam hal ini Dinas Pendidikan Pusat. Soal itu di buat oleh berbagai pihak. Tidak hanya oleh guru – guru UN dari sekolah tapi juga oleh instansi lain luar sekolah seperti LSM, Lembaga Pendidikan dan Bimbingan Belajar.





3. Try Out dilaksanakan berulang kali. Tidak hanya satu atau dua kali saja. Bahkan ada sekolah yang sampai 10 kali melaksanakan Try Out UN ini. Bosankah siswanya? Ternyata tidak. Bahkan sebagian siswa mengaku sangat terbantu dengan cara yang satu ini. Memang sih ada yang bilang ” BOSAN”. Tapi siapa sih siswanya? Ternyata siswa itu siswa yang ”SUPER MALAS”. Malas datang kesekolah, malas belajar, malas berfikir dan malas berusaha. Ya.. paling usahanya hanya satu. Yaitu. ”NYONTEK”. Tapi ada juga siswa yang malas nyontek. Sehingga nilainya tetap saja rangking terbawah. Kasihaan!










SMPN Bernas Binaaan Khusus Kabupaten Pelalawan pada Tahun Pelajaran 2010 - 2011 ini telah melaksanakan 6 kali Try Out untuk siswa kelas IX nya. Soal yang beragam serta waktu yang diatur sekondusif mungkin diharapkan mampu mendongkrak nilai siswa serta mampu mempertahankan predikat juara Pertama nilai rata – rata UN tertinggi untuk yang ketiga kalinya di kabupaten Pelalawan ini. Semoga.



So, Akhirnya jadikanlah Try Out ini wadah pembelajaran yang efektif. Tidak hanya bagi siswa tapi juga bagi guru. Siswa yang benar – benar mau belajar dan menyadari sesadar – sadarnya bahwa UN itu penting dan bukan main – main dapat sukses dan memperoleh nilai yang mereka inginkan. Siswa yang belum sadar – sadar dari mimpi indahnya kita harapkan segera terbangun dan mengerti bahwa UN bukan hanya ceromony belaka. Segeralah insyaf dan jangan lagi mengharapkan ”BANTUAN” dari semua pihak . Mudah mudahan cara jitu ini betul – betul membawa berkah bagi kita semua. Terimakasih. ( http://dodinotesaja.blogspot.com )

0 komentar:

Posting Komentar