AIR BERSIH

On Jumat, 08 April 2011 0 komentar

JAUHKAN AIR BERSIH DARI LIMBAH!
Penulis: Dodi indra, s.s




Salah satu sumber kehidupan yang sangat diperlukan oleh makhluk hidup adalah air. Makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa air karena sebagian besar berat tubuhnya adalah air. Air merupakan medium bagi kebanyakan reaksi bio kimia di dalam tubuh makhluk hidup. Baik berperan secara langsung maupun tidak langsung, misalnya respirasi sel, dan fotosintesis. Manusia sangat membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya minum, mencuci, dan mandi.



Sedangkankan limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestic (rumah tangga), dimana limbah tersebut dibiarkan tergenang dan mengalir kesungai dan kelaut. Limbah-limbah ini mengandung zat kimia, tentunya berbahaya bagi organisme dan makhluk hidup yang ada diair dan disungai. Limbah tersebut banyak disebabkan oleh penggunaan detergen terlalu banyak, comberan, dan Industri besar atau rumahtangga yang sangat bebrbahaya bagi hidup manusia.
Agar hal-hal yang tidak kita inginkan ini terjadi maka kita harus berupaya, seperti mengikuti pelayanan sanitasi untuk menangani limbah air kakus, pelayanan persampahan yang diawali dengan pengadaan tempat sampah sebelum terbuang menjadi limbah,layanan drainase (Penjagaan kulitas air), serta penyaringan atau pendaur ulangan air.
Jadi, kita sebagai generasi muda, sebaiknya menjaga kulitas air bersih agar kualitas air tidak menjadi berkurang. Dan dimasa depan nanti tidak terjadi krisis serta kekurangan air. Ingat, ketersediaan air sekarang merupakan hasil dari kerja keras nenek moyang kita dulu.****

0 komentar:

Posting Komentar