Episode Pagi

On Jumat, 22 April 2011 0 komentar

Pagi yang agak mendung gara-gara semalem ujan deeeeres banget ampe’ semua jemuran di seluruh wilayah Jogja ga kering-kering. Jadilah Loundry menjadi laris manes semanis penulisnya jiahhhh (maap boongJ). Walau suasana masih dingin – dingin gimana getoh, jalanan becek, ga da ojek, tangan jelek, tubuh lecek halah apaan to, walau begitu tapi suasana di pasar Giwangan masih ruame bak pementasan band Ungu yang lagi manggung, penuh banget sama makhluk yang ngaku pinter namanya manusia.

Walau pagi baru aja menyapa namun kebutuhan perut memanggil untuk segera menuju tempat paporit ibuk-ibuk, eh bapak bapak iye juga deng. Penjual ayam yang dengan semangat memutilasi daging-daging tak bersalah, dan penonton yang tersenyum kegirangan sambil bergumam ‘Yes hari ini gua makan enak’. Pak Sugeng penjual pisau dan kawan-kawannya lihai menunjukan atraksi hebatnya, dan penonton kembali bersorak gembira. Nah ini nih kalo masa-masanya sekarang yang paling kasihan tuh bu Yeti seorang penjual cabe senior yang sudah berkarya menjual cabe dengan segala kemampuanya selama 20 tahun. Nah masalahnya harga cabe sekarang naek, ber imbaslah ke dagangan bu Yeti yang dulunya rame sekarang jadi sepi ngingkring(banget). Jadilah bu Yeti ngomel ngomel kagak karuan sama mbak Nur penjual pete nan terong yang luaris abesss, biasalah terong penyet en terong bakar campur pete lagi ngetred dikalangan mahasiswa(curcol neh he).

“Halah, terong bosok ngono yo kok di jual”

“Lo ini terong segar lo bu, coba aja, mari mbak terongnya masih banyak”, percakapan antara dua penjual beda umur ini menghiasi pasar yang ramai sesambi mbak Nur melayani pembeli.

“Seger opo…pech bisa-bisa aku dadi kurus iki kalo cabe ku ga ada yang beli, ah iki lo pemerintah kok ya ga mikiran kita ini mentang-mentang uwis sugeh”

“Semunya 2500 mbak…ya udah lah bu Yeti sabar ngono, entar juga harga cabe turun, dinikmati aja”

“Nikmati opo, la iyo daganganmu laris bisa ngomong gitu. Iki lo cabe ne selak bosok. Jan njaluk diapakan to pemerintah iku”

Yah mbak Nur sih manggut-manggut aja ndengerin omelah bu Yeti yang ga karuan, ya maklum senior jadi kudu hormat katanya, walau mbak Nur sebenarnya sudah jengkel tiap hari denger omelan bu Yeti melulu, waduh waduh kalo begini siapa yang salah?^_^

“Aduh…Ess Ih”, tiba-tiba seorang gadis muda, cantik dan tidak semampai kepleset di jalanan pasar yang becek hampir dia terjatuh. Kenalin dia Mira, salam kenal Mira.

“Apa? salam kenal…salam kenal ga level”, eh Mira belum waktunya ngomong..he he

Mira cewek ga’ul(pembaca bacanya GA’ nya itu di masukin jadi makhorijul huruf nya harus tepat, latihan ya he he) tinggal Jakarta, lahir di Sumatra, peranakan tegal mahasiswi Pertanian yang mau tak mau harus mengijnjakan kakinya ke pasar gara-gara cabe dikosnya abis.

“Buk, cabenya seperempat berapa?”, ucapnya dengan konotasi dan intonasi gaulnya ala Cinta Laura getoh

“25ribu mbak”

“Hah gila mahal banget sih, kayak di supermarket aja”

“Waduh mbak emang harganya segitu emang maunya berapa”

“Ya yang standart lah, kalo nih pasar ada Ac, dan ga becek gini saya mau beli, ibu juga mikir-mikir mo ngasih harga dong”

“Mbak, mbak cabe sekarang mahal, ya emang gitu kalo pasar mo Ac nya sono jadi presiden, ato mbak belinya kesupermarket aja”

“Mak cik, 350 ribu…ayo bayar-bayar”

Cring tiba-tiba datanglah seorang pangeran upsss salah besar ini pak Paris bujang 30 tahun yang katanya tampan keturunan Melayu menghampiri bu Yati yang lagi debat capres..ups.”

“Mas, kemarin saya sudah bilang saya bayar utang kalo cabe saya laris, ini aja mo beli pake ngritik soal harga segala”

“Ye saya kan cuman nawar Buk”

“Kek mana kau bu Yeti, kan saye kemarin bilang segera bayar. Waduh waduh Eh ada mbak cantik, kenalkan mbak saya Paris pangeran pasar yang tampan nan menawan, namanya siapa mbak?”

“Ih, apa an sih ga penting banget, Buk gimana 10 ribu deh”

“Waduh nih mbak dibilangin”. Walau langit mendung, tapi suasana pasar yang pikuk dan hiruk membuar kelenjar keringat mensekresikan mucus alias cairannya. Apalagi bu Yeti yang tekanan darahnya sepertinya mengalami kenaikan secara mendadak karena stress lanjutan he he.

“Bu Yeti, Lombok e seprapat, berapa?”

Lagi seru – serunya nih datanglah seorang nenek yang udah sepuh membawa bakul di gendong belakang yang denga elok memakai kebaya coklat nya, yu Mah nenek yang punya 9 anak beserta 23 cucu ini masih rajin kalo ke pasar, katanya hari ini seluruh keuarganya ngumpul jadi shoping deh.

“Iyo yu, selawe ewu lo”

“Opo saweran, kok ya minta saweran , harganya berapa?kok masih ga denger periksa kono lo”,yu Mah sedikit menaikan oktaf nya

“Selawe yu…”, teriak bu Yeti geregetan jadinya geretan apa yang harus kulakukan(Sherina beraksi di pasarJ)

“Ibu Bu, jangan teriak – teriak, gimana nih saya naikin 15 ribu”, ucap Mira gerah serambi fb an lewat BB barunya

“Hutang kau mak cik, apa jadinya saya dimarahin bos”, ucap pak Paris ala serambi melirik Mira yang cuek bebek

“Oh ini mas nya mo undang-undang, mau nikah ya, Alhamdulillah”

“Aduh ini yu Mah tak berubah lah, masih saje tak denger apa yang ku katakan”

“Iso-iso stress aku…ni yu Mah, Paris besok saja kau datang lagi”

“Jangan dibawa ke hati bu Yeti, sabar Allah itu maha besar kok “, ucap yu Mah bijak

“Alhamdulillah, mudeng yo Yu…sabar ki sabar tapi ya saya bisa bangkrut”

“Siapa yang babaran,wah sabar ya Bu Yeti mas Paris mungkin bukan jodoh bu Yeti, lo bukannya bu Yeti sudah punya suami to”

“Aduh, kok jodoh to…ki apa lagi”, bu Yeti menimbang cabe serambi meringis.

“Jangan terharu gitu bu Yeti, sebagai yang lebih tua ya saya hanya bisa nasehatin aja”

“Jan jan, bentar yu Mah tak cariin kembaliannya”

“Aduh jodoh itu ga perlu dicari nanti datang sendiri lo”

“Emboh Yu karepmu, mbak jadi beli ga?”

Sekonyong-konyeng koder hentakan bu yeti menghentikan aktifitas rutin Mira yang lagi update status ‘Panas ni di pasar, kapok deh’.

“Hey gadis cantek, apa abang belikan saja cabenya buat kau”

“Ga usah mas, em bener-bener ga bisa 10 ribu buk”



“Kalo ga mau ya udah ga usah beli mbak, makan pete aja”

“Bener itu”, mbak Nur tiba-tiba ikut nimbrung

“Pech, em ya udah saya beli 10 ribu aja ya Buk, saya cuman bawa uang segini e”

“Walah mbak mbok ya ngobrol”

“Bu Yati saya duluan ya, inget yang sabar jodoh ditangan gustiAllah, mas Paris, mbak monggo”

“Yo..ati-ati”

“Nih mbak”

“Ocre deh Buk, makasih..”

“Nasib saya kek mana bu Yati, bisa dimarahin bos neh”

“Tak kasih 50 ribu dulu ya, sisanya besok. Sampean mau saya kurus kekurangan makan gara-gara semua uang saya tak kasih sampean semua”

“Ya deh, bu Yati marah-marah nanti tambah tua lo”

“Wah sekarang emang kelihatan muda ya, aduh jadi malu. Wah jangan ngerayu lo, nih”

“Makasih buk, inget ya besok saya dateng lagi”

“Iya”

Ditengah hiruk pikuknya pasar, aktifitas rutin masih berlanjut. Fuih, kata yang terucap pertama dumulut bu Yeti sambil mengitung uang yang didapat.

Keempat tokoh diatas hanya rekaan saja, jika ada yang merasa mirip mohon dimaafkan, jika ga ada pesannya mohon di maklumi, jika ga jelas mohon di jelaskan, jika ga nyambung ya terserah gua, gua yang bikin, lu mau apa hah..eh - ups maap maap itu tadi bu Yeti ikut-ikutan. So inilah sepotong cermin kehidupan warga yang unik, tak ada yang beharga dari kisah ini, tapi ada yang menarik kalo dibaca sama pak presiden, yaitu penurunan harga cabe mendadak soalnya pak presiden takut di semprot bu Yeti he he. Just Kidding

0 komentar:

Posting Komentar