KEKUATAN DAN KEAJAIBAN PELUKAN

On Kamis, 16 Agustus 2012 0 komentar


KEKUATAN DAN KEAJAIBAN PELUKAN


Ditulis Oleh :Nunung Susana, Biro Dumai, 
Share on facebook
“Power of hugging”, atau kekuatan tersembunyi dari sebuah pelukan, sesungguhnya memang nyata ada. Orang yang saling berpelukan, mengalirkan energi positif yang dahsyat. Jadi, hanya berpelukan dengan tulus dan penuh kehangatan, ternyata mempunyai kekuatan dan keajaiban yang dianugerahkan oleh alam. Ini adalah fakta yang tidak terbantahkan.



Setahun yang lalu ada berita di saluran “TV Channel-7”,Sydney, Australia, bahwa bayi lahir premature 27 minggu yang sudah dinyatakan meninggal, hidup lagi setelah 2 jam dipeluk ibunya. Berita mengejutkan itulah yang menyadarkan orang akan “kekuatan” dari pelukan. Bukan sembarang pelukan, tetapi pelukan yang penuh ketulusan, hangat, tidak dibuat-buat dan spontan. Mampu mengalirkan energi positif yang menggetarkan.
Sesungguhnya, yang dilakukan si ibu tersebut, dikenal sebagai Kangaroo Care yaitu perawatan bayi premature dengan cara memberikan sentuhan hangat dan menyalurkan energi si ibu kepada bayinya.Terinspirasi perilaku Kanguru, yang menyembunyikan anak-anaknya dalam pelukan hangat di kantong depan perutnya yang sudah ditakdirkan ada. Oleh karena itu, pelukan dari ibunda tersayang adalah pelukan yang tulus, hangat dan sangat dirindukan oleh anak-anaknya.
Kisah nyata di atas juga membuktikan bahwa “pelukan” bisa memberi keajaiban-keajaiban anugerah dari alam, dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja, gratis,  dengan mudah, di  dalam kehidupan sehari-hari kita. Seorang ahli terapis bilang : “Kalau rumah tangga Anda di ambang kehancuran, peluklah pasangan Anda 20kali sehari. Saya yakin Anda berdua tak akan bercerai,” tuturnya. Benarkah? Menurut ahli terapis jiwa itu, setiap orang butuh  4kalipelukan per-hari untuk tetap hidup, 8kali untuk sehat dan 12kali untuk awet muda dan bahagia.

Saat berpelukan, tubuh melepaskan “hormoneoxytoksin” yang tersambung dengan rasa damai, tenteram dan cinta. Hormon ini membuat jantung dan pikiran sehat. Oleh karena itu, pelukan dapat dilakukan kepada semuanya sajamisalnya pasutri, keluarga, anak, orang tua, dan teman. Pelukan ini juga berlaku pada anak-anak. Jika bayi anda rewel peluklah, beri kehangatan dan ketenteraman, jangan malah dijewer atau dicubit.
Dengan cara seperti itu, dia akan merasa aman dan efeknya jadi baik pada kekebalan tubuh. Pelukan juga dapat mengurangi sakit fisik maupun psikis. Dan mengubah emosi negatif menjadi positif. Jadi, sekarang siapkan pelukan terbaik Anda untuk orang-orang yang anda cintai, minimal suami, istri sebelum berangkat kerja dan pulang kerja. Juga bisa bagi orangtua dan anak-anak, saat pergi dan pulang sekolah.
Nah, selamat menikmati keajaiban alam. Hari ini, sudahkah Anda berpelukan? Jika belum, lakukanlah dengan tulus dan penuh kehangatan. Agar energi alam yang positif mengalir ke tubuh dan jiwa Anda, juga mengaliri orang-orang yang Anda cintai. (Nunung Susana).

0 komentar:

Posting Komentar