Di Linux Nggak Ada Tombol Delete-nya...

On Jumat, 17 Februari 2012 0 komentar

Di Linux Nggak Ada Tombol Delete-nya...

Tadi pagi sebelum berangkat kerja, my beloved wife minta tolong saya untuk melakukan burning CD MP3 yang didownload dari internet. Karena kapasitas CD hanya 650 MB, saya katakan pada isteri untuk menghapus beberapa file sehingga bisa cukup dalam 1 CD.

Isteri saya kemudian menghidupkan salah satu komputer openSUSE 11.0 dengan KDE 4 yang biasa dipakai Zeze Vavai sementara saya sendiri sarapan pagi sambil menonton berita di TV. Tak lama isteri memanggil saya, "Mas, nggak bisa dihapus nih file MP3-nya..."

Saya heran juga. Apa karena hak akses yang saya berikan hanya user biasa (bukan root) sehingga tidak bisa menghapus file tertentu.

"Coba klik kanan filenya dan pilih menu delete..." Jawab saya tak beranjak dari tempat duduk.

"Nggak ada menu delete-ya...", sahut isteri saya sehingga saya langsung meluncur ke sampingnya.

"Lha ini menu apa ??" tanya saya sambil menunjuk menu untuk menghapus file.

"tu kan bukan delete tapi move to trash..."

"Zzzzzzz..."

0 komentar:

Posting Komentar