INDAHNYA MENTAATI TATA TERTIB

On Rabu, 16 Maret 2016 0 komentar



INDAHNYA MENTAATI TATA TERTIB

Assalamualaikum w.w
First of all, let us devote our thanks to allah SWT, who has given us time, chance and opportunity so we can attend this scarify flag ceremony.
 Then salawat and salam let us dedicate to the great Muhammad SAW, who has brought us from un educated life to educated one.
Honourable principle of Senior High School, Junior High School and Elementary School  Bernas Pelalawan regency.
Respectable teachers and staff and my beloved students.
Terimakasih banyak kepada pelaksana upacara yang telah melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin dan selanjutnya terimakasih kepada semua peserta upacara yang telah dengan khidmat mengikuti jalannya upacara pada pagi ini.
Di kesempatan ini izinkan saya mennyampaikan amanat tentang mentaati tata Tertib Sekolah. Tata tertib adalah aturan. Segalanya perlu aturan untuk membuat sesuatu berjalan dengan baik dan lancar. Naik kendaraan butuh aturan, di bandara atau di terminal pun ada aturan, mau makan, mau tudur juga ada adabnya. sholat dan beribadah juga perlu aturan. Bukankah benda- benda di alam ini berjalan sesuai dengan aturannya masing – masing.  Entah apa yang akan terjadi jika planet – planet diruang angkasa melintas tampa aturan. Apa yang ada di benak kita jika melihat seseorang ketika makan menggunakan tangan kiri. Begitu juga dengan sekolah. Tidak ada satupun sekolah di dunia ini yang tidak punya tata tertib. Sekolah Bernas punya aturan dan tata tertib. Tujuan dari tata tertib itu adalah untuk mengatur jalannya sekolah supaya menjadi baik, lancar dan sesuai denagn apa yang dicita – citakan.
Apa pun yang dilakukan tanpa ada aturan maka hasilnya akan mengecewakan. Karena itulah dibutuhkan tata tertib untuk mengatur semuanya. Supaya proses belajar mengajar berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan adanya tata tertib sekolah maka semua akan tahu apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh. Dan wajar sekolah memberikan sangsi  kepada siapa saja yang melanggarnya. Jadi janganlah  menganggab tata tertib dan aturan itu adalah kekangan dan tekanan. Tapi jadikanlah tata tertib dan aturan itu sebagai panduan yang membantu kita kearah yang benar dan mendapatkan keberhasilan.
Untuk itu marilah kita bersama menaati tata tertib sekolah. dengan cara :
1.    Mulailah dari diri sendiri
Jika setiap individu mulai menaati tata tertib. Niscaya kehidupan ini akan berjalan dengan lancar. Jangan kita menunggu orang lain untuk menaati peraturan apalagi menjadikan orang lain sebagai tameng akan kepicikan diri sendiri. “Ah dia aja yang ketua osis tidak pakai pakain seragam. Pak guru aja ngak ikut apel, datangnya terlambat” dan seribu alasan lainnya. Jika masih menunggu kapan tata tertib akan jalan. Apalagi ananda  yang diserahi tanggung jawab. Sebagai ketua atau Anggota OSIS, Perangkat kelas dan sebagainya. Anda adalah contoh bagi teman – teman lainya. Oleh sebab itu berilah contoh yang baik sehingga bisa jadi teladan. Apalagi kita sebagai umat beragama. Di akhirat nanti yang dimintai tanggung jawab adalah pemimpin.
2.    Mulailah dari apa yang bisa ditaatai dan dipatuhi
Tata tertib sekolah itu terdiri dari banyak aspek. Oleh sebab itu patuhilah  apa yang bisa dipatuhi. Patuhi satu persatu. Jika menunggu semua tata tertib bias dilakukan kapan waktunya lagi.
3.    Mulailah dari saat ini
Tidak ada istilah menunggu untuk mentaati tata tertib. Patuhi sekarang dan saat ini juga. Kalau masih menunggu kapan lagi. Kita akan ketinggalan jauh dari orang lain.

Anak – anak ku semua. Jika semua kita telah mentaati tata tertib tentu akan damai dan indah sekolah ini. Pribadi – pribadi yang taat peraturan  tentu menjadi aset yang tak ternilai bagi kemajuan Bernas di masa yang akan dating. Ingatlah,  yang kalian bangun  sekarang akan kembali lagi kepada kalian nantinya. Jika kita menanam kebaikan maka kita akan memetik kebaikan. Hidup adalah pilihan yang ditentukan sendiri. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksa kita untuk mematuhi semua tata tertib sekolah selain diri kita sendiri. Jangan salahkan siapa pun jika dihari nanti kalian menemui kegagalan karena semua itu adalah hasil pilihan kalian sendiri.
Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf sebesar – besarnya.  jika ada tutur kata  yang tidak pada tempatnya, pilihan bahasa yang mungkin membuat luka,   intonasi suara yang kurang bermakna. Semoga bermanfaat walau kurang sependapat. Assalamualaikum warah matullahi w.w

0 komentar:

Posting Komentar