RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri Bernas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Congratulations!
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan ( 4 JP)
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
I.
KOMPETENSI
INTI
II.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin,
percaya diri dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1.
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi
sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan
dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1 Memahami
Struktur Teks dari ungkapan Harapan dan
doa
3.1.2 Memahami Unsur
Kebahasaan dari ungkapan Harapan dan Doa
3.1.3 Memahami Fungsi
Sosial dari ungkapan Harapan dan Doa
3.1.4 Memahami
Struktur Teks dari ungkapan ucapan
selamat atas suatu kebahagian dan prestasi
3.1.5 Memahami Unsur
Kebahasaan dari ucapan selamat atas suatu kebahagian dan prestasi
3.1.6 Memahami Fungsi
Sosial dari ucapan selamat atas suatu kebahagian dan prestasi
4.1.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon
ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.1 Menyusun teks
lisan sederhana tentang ungkapan Harapan dan Doa sesuai konteks penggunaannya
4.1.2 Menyusun teks
tulis sederhana tentang ungkapan Harapan dan Doa sesuai konteks penggunaannnya
4.1.3 Menyusun teks
lisan sederhana tentang ungkapan ucapan selamat atas suatu kebahagian dan
prestasi
4.1.4 Menyusun teks
tulis sederhana tentang ungkapan ucapan selamat atas suatu kebahagian dan
prestasi
III. MATERI PEMBELAJARAN
A. MATERI REGULER
Materi Pokok :
-
Teks lisan dan tulis tentang ungkapan Harapan dan
Doa
-
Teks lisan dan tulis tentnag ucapan selamat atas
suatu kebahagian dan prestasi
Contoh
Teks
Beni and Lani are looking at Edo who got an
accident in the hospital.
Beni : Hi.. Edo. What do you feel now?
Edo : My left leg still feels a serious pain. It got a little wound.
Lani : I hope it will be better soon.
Edo : Thanks so much. How about your Story Telling Competition, Beni?
Beni : It will be held tomorrow morning.
Edo : I wish you be the champion of the competition.
Lani : I hope so.
Beni : Edo.. We should go. You should take a rest much.
Lani : Yes. We wish you get well soon. Bye
Edo : Thank you for coming Bye
Beni : Hi.. Edo. What do you feel now?
Edo : My left leg still feels a serious pain. It got a little wound.
Lani : I hope it will be better soon.
Edo : Thanks so much. How about your Story Telling Competition, Beni?
Beni : It will be held tomorrow morning.
Edo : I wish you be the champion of the competition.
Lani : I hope so.
Beni : Edo.. We should go. You should take a rest much.
Lani : Yes. We wish you get well soon. Bye
Edo : Thank you for coming Bye
Fungsi Sosial :
-
To express hopes and wishes
-
To congratulate others for their fortune
-
To congratulate others for their achievement
-
To have good personal relationship with others
Unsur Kebahasaan :
(1)
Kosa kata: hope, so, Congratulations! happy for you.
(2)
Tata bahasa: will, can, hope, wish.
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan.
Struktur
Teks :
-
Hopes and Wishes
-
I hope everything is fine
-
I hope so
-
Wish you luck
-
Good luck
-
I hope you will be a winner
-
Congratulation!
-
Congratulations for being the champion of the
class!
-
I congratulate you for the winner of the story telling
contest!
-
Congratulation for your hard efforts!
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan
siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.
B. MATERI REMEDIAL
Suryani meets Laila at the school library.
Suryani : Good afternoon Laila. It is
nice to see you here. You are getting better.
Laila : Afternoon. I
fell better now after several days sick
Suryani : I hope you always fit and healthy
soon
Laila : Thank you very much. By the way, how about your
brother Pandu Song Festival?.
Suryani : O... Great. He got the second
place.
Laila : Nice... Congratulation. Please tell my happiness
for him
Suryani : Thanks. I abosolutely tell it
to him.
Laila : Ok. Let us sit over there.
Suryani : Good idea. Let’s go
C. MATERI PENGAYAAN
Andika and Wawan are
speaking about Basket ball competition. Andika’s Basketball team is playing at the competition
now.
Andika : Look...!
My team is so fantastic. They play in a good teamwork
Wawan : Yes... I
believe your team will win at this match.
Andika : I wish. I
hope my basketball team will beat their
opponent.
At the end of the match.
Andika : Horrey...
My team win the match. They are being the winner.
Wawan :
Congcatulation. Your team did it
Andika : Thank
you.. Thank you so much.
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pembuka ( 10 Menit )
1) Guru memberi salam dan menayakan keadaan siswa
2) Guru memeriksa kehadiran siswa
3) Guru menyampaikan materi dan mamfaat dari materi
yang akan dipelajari.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dalam pembeajaran ini
5) Guru menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai
selama proses pembelajaran
6) Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran ( Kerja Kelompok dan Individu )
7) Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari (
Apersepsi )
2.
Kegiatan inti ( 60 menit )
Mengamati
1)
Peserta didik membaca teks percakapan yang
ditampilkan guru pada slide show
2)
Peserta didik mendengarkan guru membaca
teks yang ada pada slide show dengan seksama
3)
Peserta didik mengulangi ucapan guru untuk membaca
teks yang ada pada slide show dengan seksama
4)
Peserta didik memerankan teks yang ada pada slide
show dengan lantang.
Menanya
1)
Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya tentang teks percakapan
yang telah diamati
2)
Peserta didik menjawab pertanyaan
peserta didik lainnya dengan bimbingan guru tentang tata bahasa, intonasi,
struktur
teks, fungsi sosial, serta hal-hal lain yang ingin diketahui.
Mengumpulkan Informasi
1)
Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan
guru ( TUGAS 1 )
2)
Peserta didik membentuk kelompok yang
beranggotakan empat atau lima orang.
3)
Guru memberikan sebuah teks percakapan kepada
masing – masing kelompok
4)
Peserta didik membaca dan memahami teks yang
dibagikan guru
5)
Peserta didik mengidentifikasi makna teks,
struktur teks, unsur kebahasaan dan fugsi sosial dari teks yang dibagikan guru.
( TUGAS 2 )
6)
Setiap wakil kelompok menyampaikan hasil kerja
kelompoknya di depan kelas.
Mengolah Informasi
1)
Peserta didik membentuk kelompok yang
beranggotakan tiga atau empat orang.
2)
Guru memberikan percakapan rumpang kepada masing –
masing kelompok
3)
Peserta didik melengkapi percakapan sesuai situasi
yang diberikan ( TUGAS 3 )
4)
Peserta didik mendiskusikan tugas yang
telah mereka buat dengan guru dan teman sekelas.
Mengomunikasikan
1)
Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan
dua atau tiga orang
2)
Peserta didik menyusun percakapan sederhana
berdasarkan situasi yang diberikan guru ( TUGAS
4 )
3)
Peserta didik menampilkan hasil kerja mereka di
depan kelas
4)
Guru dan peserta didik lainnya memberika masukan
atas penampilan yang dilaksanakan
3. Kegiatan Penutup
( 10 menit)
1) Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman
konsep peserta didik tentang materi yang dipelajari
2) Guru bersama-sama dengan siswa membuat
rangkuman/simpulan Pelajaran
3) Guru meminta siswa membuat tugas portofolio dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan batas akhir mengumpulkan tugas
tersebut.
4) Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pembuka ( 10 Menit )
1) Guru memberi salam dan menayakan keadaan siswa
2) Guru memeriksa kehadiran siswa
3) Guru menyampaikan materi dan mamfaat dari materi
yang akan dipelajari.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai dalam pembeajaran ini
5) Guru menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai
selama proses pembelajaran
6) Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran ( Kerja Kelompok / Individu )
7) Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari (
Apersepsi )
2. Kegiatan inti ( 60 menit)
Mengamati
1)
Peserta didik membaca teks percakapan yang
ditampilkan guru pada slide show
2)
Peserta didik mendengarkan guru membaca
teks yang ada pada slide show dengan seksama
3)
Peserta didik mengulangi ucapan guru untuk membaca
teks yang ada pada slide show dengan seksama
4)
Peserta didik memerankan teks yang ada pada slide
show dengan lantang.
Menanya
(1)
Guru mengarahkan
peserta didik untuk bertanya tentang teks percakapan yang telah diamati
(2)
Peserta didik menjawab pertanyaan
peserta didik lainnya dengan bimbingan guru tentang tata bahasa, intonasi,
struktur
teks, fungsi sosial, serta hal-hal lain yang ingin diketahui.
Mengumpulkan Informasi
1)
Peserta didik membentuk kelompok yang
beranggotakan empat atau lima orang.
2)
Guru memberikan sebuah teks percakapan kepada
masing – masing kelompok
3)
Peserta didik membaca dan memahami teks yang
dibagikan guru
4)
Peserta didik mengidentifikasi makna teks,
struktur teks, unsur kebahasaan dan fugsi sosial dari teks yang dibagikan guru.
( TUGAS 5 )
5)
Setiap wakil kelompok menyampaikan hasil kerja
kelompoknya di depan kelas.
Mengolah Informasi
1)
Peserta didik membentuk kelompok yang
beranggotakan tiga atau empat orang.
2)
Guru memberikan percakapan rumpang kepada masing –
masing kelompok
3)
Peserta didik melengkapi percakapan sesuai situasi
yang diberikan ( TUGAS 6 )
4)
Peserta didik mendiskusikan tugas yang
telah mereka buat dengan guru dan teman sekelas.
Mengomunikasikan
1)
Peserta didik membentuk kelompok yang
beranggotakan dua atau tiga orang
2)
Peserta didik menyusun percakapan sederhana
berdasarkan situasi yang diberikan guru ( TUGAS
7 )
3)
Peserta didik menampilkan hasil kerja mereka di
depan kelas
4)
Guru dan peserta didik lainnya memberika masukan
atas penampilan yang dilaksanakan
3. Kegiatan Penutup
( 10 menit)
1. Guru bersama-sama dengan siswa membuat
rangkuman/simpulan Pelajaran
2. Guru meminta siswa membuat tugas portofolio dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan batas akhir mengumpulkan tugas
tersebut.
3. Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
VI. PENILAIAN
A.
PENGETAHUAN
TUGAS
1
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
Instrument : Teks dan Lembar
Soal
Complete the sentences
with the word in the box!
Wish congratulation did
wish happy hope
|
1.
I wish you will be better soon
2.
Wonderful. You did it
3.
We always hope the best thing for you.
4.
Wish you happy all the time
5.
Congratulation. You can deserve it
6.
Yanti is the best. I am happy to hear that.
Kunci
1.
Wish
2.
Did
3.
Hope
4.
Wish
5.
Congratulation
6.
Happy
Rubrik Penilaian
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1
|
Jawaban
benar
|
2
|
2
|
Jawaban
salah
|
1
|
3
|
Tidak
menjawab / kosong
|
0
|
Pedoman Penilaian
Skor Maksimal :
Jumlah soal x Skor Tertinggi = 6 x 2 =
12
Nilai :
( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100
TUGAS
2
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
Instrument : Teks dan Lembar
Soal
Read the text
then answer these questions carefully!
Beni and Lani are looking at Edo who got an accident in the
hospital.
Beni : Hi.. Edo. What
do you feel now?
Edo : My left leg still feels a serious pain. It got a little
wound.
Lani : I hope it will
be better soon.
Edo : Thanks so much.
How about your Story Telling Competition, Beni?
Beni : It will be held
tomorrow morning.
Edo : I wish you be
the champion of the competition.
Lani : I hope so.
Beni : Edo.. We should
go. You should take a rest much.
Lani : Yes. We wish you
get well soon. Bye
Edo : Thank you for
coming Bye
1.
Where is the conversation taken place?
2.
Who got an accident?
3.
What is happened with Edo’s leg?
4.
What competition will Beni have?
5.
When will the competition be held?
6.
” I wish
you be the champion of the competition” What is the synonym of the underlined word?
7.
“You should
take a rest much” What does the underlined word refer to?
8.
Which sentence that shows about a reply for hope?
9.
What did Edo say this sentence “I wish you be the champion of the
competition” for?
10. “We wish you get well soon” what does
the sentence express about?
Kunci :
1.
In the hospital
2.
Edo
3.
It got a little wound
4.
Story Telling competition
5.
Tomorrow morning
6.
Contest, Game. Challenge
7.
Edo
8.
I hope so
9.
To
express hope for Beni to win the competition
10. Hopes and Wishes
Rubrik Penilaian
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1
|
Tulisan
dan Jawaban benar
|
3
|
2
|
Tulisan
kurang dan Jawaban benar
|
2
|
3
|
Tulisan dan Jawaban salah
|
1
|
4
|
Tidak
menjawab / kosong
|
0
|
Pedoman Penilaian
Skor Maksimal :
Jumlah soal x Skor Tertinggi = 10 x 3
= 30
Nilai :
( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100
TUGAS
3
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
Instrument : Teks dan Lembar
Soal
Fill in the dialogue based on the situation
given!
1.
Dayu got a throat pain. Siti comes and says,
Siti : What about your throat
now?
Dayu : I still feel a serious
pain. But I had gotten some medicine for it.
Siti :
.............................................................................................................
Dayu : Thanks so much
2.
Mirna was a represent of Class IX to have Silat
Match.
Filza : You are the best. .....................................................................................
Mirna : I hope so.
3.
Gina has a birthday. So Happy comes and says,
Happy : Happy birthday. .....................................................................................
Gina : thanks so much for your
pray.
4.
Cakra has elected a a chairman. Rino says.
Rino : You have elected as our chairman. I hope you will do the job
well.
Cakra : ..............................................................................................................
Kunci
1.
I hope you will get well soon, I wish you will
get better, I hope you will be health soon.
2.
I wish you be a champion of the match. I
hope you win the match, i believe you
win the match.
3.
I wish you happy all the day, Wish you happy all
the time.
4.
I hope so. Thank you, I wish too Thanks a lot. I
hope like that, thanks
Rubrik Penilaian
Struktur
teks
1. Tidak
runtut
2. Cukup
runtut
3. Runtut
Pilihan
kata
1. Tidak
cocok
2. Cukup
cocok
3. Cocok
Kesesuaian
isi dengan tema
1. Tidak
sesuai
2. Cukup
sesuai
3. Sesuai
Kerapian
1. Tidak
rapi
2. Cukup
rapi
3. Rapi
Pedoman
penilaian
Skor
maksimal : Jumlah Soal x
Nilai Tertinggi
:
4 x 3 = 12
Nilai : Jumlah nilai x 100
Skor maksimal
TUGAS 5
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
Instrument : Teks dan Lembar
Soal
Read
the text then answer these
questions carefully!
Surya meets Wanto in the library.
Surya : Hi.. Wanto. How
are you?
Wanto : Fine.
Surya : Great wanto. You
are the champion of Pelalawan Mr. Teen Model. Congratulation.
Wanto : Thank
you. That very nice of you
Surya : Welcome
Wanto : I
heard you got gold medal for Basketball tournament. Good work boy.
Surya : Yes. Thanks. It
is all becouse of the solid team. Not only me.
Wanto : Do
not say that. I am proud of you and Congratulation
Surya : Thanks so much
1.
Where is the conversation taken place?
2.
Who got a gold medal?
3.
What did Wanto got for the competition?
4.
Why did surya team won the tournament?
5.
What is relationship between Wanto and Surya likely?
6.
” It is all
becouse of the solid team” What is the
synonym of the underlined word?
7.
“I am proud of you” What does the underlined word refer to?
8.
Which sentence that shows about a reply for Congratulation?
9.
What did Wanto say this sentence “Good work boy” for?
10. “I am proud of you and Congratulation” what does the sentence
express about?
Kunci :
1. In the
library
2. Surya
3. The
champion
4. Becouase
the team is solid
5. Schoolmate,
friends
6. Compact,
firm, Concrete
7. Wanto
8. Thank you. That very nice of you ,
Thanks so much.
9. To express congratulation for Surya
to win the competition
10. Congratulation
Rubrik Penilaian
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1
|
Tulisan
dan Jawaban benar
|
3
|
2
|
Tulisan
kurang dan Jawaban benar
|
2
|
3
|
Tulisan
dan Jawaban salah
|
1
|
4
|
Tidak
menjawab / kosong
|
0
|
Pedoman Penilaian
Skor Maksimal :
Jumlah soal x Skor Tertinggi
10 x 3 = 30
Nilai :
( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100
TUGAS
6
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
Instrument : Teks dan Lembar
Soal
Fill in the dialogue based on the situation
given!
1.
Dayu got a first grade in the class. Siti comes
and says,
Siti : ...........................................................................................................
Dayu : Thanks so much siti.
Siti : You are welcome
2.
Midun was a represent of Class IX to have Silat
Match. Midun got the gold medal for
that.
Amir : You are the best.
.....................................................................................
Midun : Thanks.
3.
Happy comes and says congratulate for Erwin who
got scholarship,
Happy : Congratulation erwin. You
deserve it
Erwin : ...................................................................................................................
.Judika
has a little brother. Tulus says...
Tulus : You becomes a brother now.
Congratulation for your cute little brother.
Cakra : ..............................................................................................................
Kunci
1.
Congratulation Dayu. I am proud of you
2.
Good job boy. You got it. / Congratulation. I am
glad to know it.
3.
Thanks so much./ Thank you very much / it is nice
of you
4.
Thanks a lot / thanks, I am really glad about it
Rubrik Penilaian
Struktur
teks
1.
Tidak runtut
2.
Cukup runtut
3.
Runtut
Pilihan
kata
1. Tidak
cocok
2. Cukup
cocok
3. Cocok
Kesesuaian
isi dengan tema
1.
Tidak sesuai
2.
Cukup sesuai
3.
Sesuai
Kerapian
1.
Tidak rapi
2.
Cukup rapi
3.
Rapi
Pedoman
penilaian
Skor
maksimal : Jumlah Soal x
Nilai Tertinggi
:
4 x 3 = 12
Nilai : Jumlah nilai x 100
Skor maksimal
B. KETERAMPILAN
Keterampilan Tulis
TUGAS 4
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
Instrument : Lembar Soal
Create a simple dialogue based on the situation
below!
1.
Susi is the best singer in SMP Cemerlang. She
will have a song competition tomorrow. Budi and Andi come to pray her.
2.
Rini had a toothache. Tiara comes and says her wishes
3.
Tono comes to Endi’s father’s funeral. Tono prays
for Endi’s father.
4.
Indra is going to have Badminton game. Bima and
Krisna come to say their hopes for him.
Rubrik Penilaian
Struktur
teks
1.
Tidak runtut
2.
Cukup runtut
3.
Runtut
Pilihan
kata
1.
Tidak cocok
2.
Cukup cocok
3.
Cocok
Kesesuaian
isi dengan tema
1.
Tidak sesuai
2.
Cukup sesuai
3.
Sesuai
Tata Bahasa / Grammar
1. Banyak kekeliruan dan mengubah
makna
2. Sedikit kekeliruan tapi tak
mengubah makna
3. Cocok dan tepat
Kerapian
1.
Tidak rapi
2.
Cukup rapi
3.
Rapi
Pedoman
penilaian
Skor
maksimal : Jumlah Soal x
Nilai Tertinggi
:
5 x 3 = 15
Nilai : Jumlah nilai x 100
Skor maksimal
TUGAS 7
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
Instrument : Lembar Soal
Create a simple dialogue based on the situation
below!
1. Susi
is the best singer in SMP Cemerlang. She got the first champion on KDI song competition yesterday. Wati and Ani come
to say congratulation.
2. Rini
had a scholarship from Tanoto Foundation. Tiara comes and says her
congratulation
3. Tono
comes to Rinto. Tono won as an Indonesian Young and Smart Top Model.
Rubrik Penilaian
Struktur
teks
1.
Tidak runtut
2.
Cukup runtut
3.
Runtut
Pilihan
kata
1.
Tidak cocok
2.
Cukup cocok
3.
Cocok
Kesesuaian
isi dengan tema
1.
Tidak sesuai
2.
Cukup sesuai
3.
Sesuai
Tata Bahasa / Grammar
1. Banyak kekeliruan dan mengubah
makna
2. Sedikit kekeliruan tapi tak
mengubah makna
3. Cocok dan tepat
Kerapian
1.
Tidak rapi
2.
Cukup rapi
3.
Rapi
Pedoman
penilaian
Skor
maksimal : Jumlah Soal x
Nilai Tertinggi
:
5 x 3 = 15
Nilai : Jumlah nilai x 100
Skor maksimal
Keterampilan Lisan
Teknik Penilaian : Praktek
Teknik Instrumen :
Pengamatan tentang Presentasi Role
Play teks percakapan sederhana
Instrument : Perintah Lisan
Instruction : Play your text in front of the classroom!
RUBRIK
PENILAIN PRESENTASI
Kelas : …...................................................
Tanggal : …...................................................
Materi : …...................................................
NO
|
NAMA SISWA
|
Indikator
|
NILAI
|
|||||||||||
Pronounciation
|
Intonation
|
Fluency
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Pengskoran
Pronouncation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa
kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada
kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan / sempurna
Intonation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa
kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada
kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan / sempurna
Fluency
1.
Tidak lancar / terbata – bata
2.
Cukup lancar
3.
Lancar
4.
Sangat lancar
Pedoman penilaian
Skor maksimal = Banyak aspek x skor tertinggi (
3 x 4 = 12 )
Nilai = Jumlah nilai : skor maksimal x 100
RENCANA
REMEDIAL
Instruction!
1. Read the text carefully!
2.
Answer
the questions based on the text!
Suryani meets Laila at the school library.
Suryani : Good afternoon Laila. It is
nice to see you here. You are getting better.
Laila : Afternoon. I
fell better now after several days sick
Suryani : I hope you always fit then
Laila : Thank you very much. By the way, how about your
brother Pandu Song Festival?.
Suryani : O... Great. He got the second
place.
Laila : Nice... Congratulation. Please tell my happiness
for him
Suryani : Thanks. I abosolutely tell it
to him.
Laila : Ok. Let us sit over there.
Suryani :
Good idea. Let’s go
1. How many person are there on the text?
2. Where did Suryani meet Laila?
3. When did Suryani meet Laila?
4. What was happened with Laila?
5. Who is Pandu?
6. What did Pandu get?
7. “how about your brother Pandu Song Festival?.” What
is the synonym of the underlined word?
8. “I abosolutely tell it to him.
What does the underlined word refer to?
9. “Congratulation. Please tell my happiness for him” The
sentence expresses about?
10. “ I hope you always fit then” What does the sentence
express about?
Kunci :
1.
Two
2.
In the Library
3.
At the afternoon
4.
She got sick
5.
Suryani’s brother
6.
He got second place
7.
Contest
8.
Pandu
9.
To
express congratulation for Pandu who won the song festival
10.
Hopes or
Wishes
Rubrik Penilaian
Rubrik
:
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1
|
Tulisan
dan Jawaban benar
|
3
|
2
|
Tulisan
kurang dan Jawaban benar
|
2
|
3
|
Tulisan dan Jawaban salah
|
1
|
2
|
Tidak
menjawab / kosong
|
0
|
Pedoman Penilaian
Skor Maksimal :
Jumlah soal x Skor Tertinggi = 10 x 3
= 30
Nilai :
( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100
RENCANA
PENGAYAAN
Instruction!
1. Make a group of three persons in one group!
2. The person in group will be a narrator,
Andika and Wawan.
3. Memorize the conversation based on your role!
4. Perform the dialogue well!
Andika and Wawan are
speaking about Basket ball competition. Andika’s Basketball team is playing at the competition
now.
Andika : Look...!
My team is so fantastic. They play in a good teamwork
Wawan : Yes... I
believe your team will win at this match.
Andika : I wish. I
hope my basketball team will beat their
opponent.
At the end of the match.
Andika : Horrey...
My team win the match. They are being the winner.
Wawan :
Congcatulation. Your team did it
Andika : Thank
you.. Thank you so much.
Penilaian
Teknik Penilaian : Praktek
Teknik Instrumen :
Pengamatan tentang Presentasi
Role Play teks percakapan sederhana
Instrument : Perintah Lisan
Instruction : Play the text in front of the classroom!
RUBRIK
PENILAIN PRESENTASI
Kelas : …...................................................
Tanggal : …...................................................
Materi : …...................................................
NO
|
NAMA SISWA
|
Indikator
|
NILAI
|
|||||||||||
Pronounciation
|
Intonation
|
Fluency
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Pengskoran
Pronouncation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa
kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada
kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan / sempurna
Intonation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa
kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada
kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan / sempurna
Fluency
5.
Tidak lancar / terbata – bata
6.
Cukup lancar
7.
Lancar
8.
Sangat lancar
Pedoman penilaian
Skor maksimal = Banyak aspek x skor tertinggi (
3 x 4 = 12 )
Nilai = Jumlah nilai : skor maksimal x 100
V. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific Approach
Model : Discovery
Learning
Metode : Tanya Jawab,
Diskusi Kelompok, Presentasi
VI.
MEDIA PEMBELAJARAN:
1. Teks tentang Ungkapan
Harapan Dan Doa
Siti :
Udin, please study hard. I hope you will pass the examination.
Udin : I
hope so, siti. You have to study hard too.
Siti :
Yes. We wish we will get a best mark and get scholarship later.
Udin : Of
course. I hope so too.
2. Teks tentang Ucapan Selamat
atas Suatu Kebahagian atau Prestasi
Mira : Tania, I got the first on the
competition.
Tania :
Congratulation, Mira. You did the best thing.
Mira : Thanks so much.
Tania :
Welcome. We are so proud of you.
VII.
SUMBER BELAJAR :
Bahasa Inggris Think Globally Act Locally
Kelas Ix SMP / MTs
English In Context Grade IX
Penerbit Bumi Aksara
Kamus
Pangkalan Kerinci, Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Study
WARSONO. S.Pd, M.Si DODI INDRA. S.S
NIP : 19670525 199103 1 004 NIP : 19780227 201001 1 009
11 komentar:
thanks a lot Sir, it is a very useful RPP, can i have another rpp?
it helps me..thanks
thank you so much sir :"))
terima kasih banyak :)
terima kasih banyak :)
thanks a lot
Terimaksih sangat membantu saya, untuk pengembangan RPP yang lain....
thanks Sir, it make me clearer
great job
terima kasih sudah memberikan pencerahan :)
rpp terbaik dan terlengkap yg sebelumnya sy belum pernah lihat. trimaksih. sy sangat cocok
Posting Komentar