RPP BAHASA INGGRIS KELAS IX KURIKULUM 2013

On Kamis, 26 Januari 2017 11 komentar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                                : SMP Negeri Bernas                                 
Mata Pelajaran                                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                                    : IX / Ganjil
Materi Pokok                                       : Congratulations!
Alokasi Waktu                                      : 2 Pertemuan ( 4 JP)


1.    Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
I.        KOMPETENSI INTI


II.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.2.  Menunjukkan perilaku  jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggungjawab dalam  melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3.1.   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1 Memahami Struktur Teks dari ungkapan  Harapan dan doa
3.1.2 Memahami Unsur Kebahasaan dari ungkapan Harapan dan Doa
3.1.3 Memahami Fungsi Sosial dari ungkapan Harapan dan Doa
3.1.4 Memahami Struktur Teks dari ungkapan  ucapan selamat atas suatu kebahagian dan prestasi
3.1.5 Memahami Unsur Kebahasaan dari ucapan selamat atas suatu kebahagian dan prestasi
3.1.6 Memahami Fungsi Sosial dari ucapan selamat atas suatu kebahagian dan prestasi

4.1.   Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.1 Menyusun teks lisan sederhana tentang ungkapan Harapan dan Doa sesuai konteks penggunaannya
4.1.2 Menyusun teks tulis sederhana tentang ungkapan Harapan dan Doa sesuai konteks penggunaannnya
4.1.3 Menyusun teks lisan sederhana tentang ungkapan ucapan selamat atas suatu kebahagian dan prestasi
4.1.4 Menyusun teks tulis sederhana tentang ungkapan ucapan selamat atas suatu kebahagian dan prestasi




III.       MATERI PEMBELAJARAN

A.    MATERI REGULER

Materi Pokok       :
-      Teks lisan dan tulis tentang ungkapan Harapan dan Doa
-      Teks lisan dan tulis tentnag ucapan selamat atas suatu kebahagian dan prestasi

Contoh Teks

Beni and Lani are looking at Edo who got an accident in the hospital.

Beni       : Hi.. Edo. What do you feel now?
Edo        : My left leg still feels a serious pain.   It got a little wound.
Lani       : I hope it will be better soon.
Edo        : Thanks so much. How about your Story Telling Competition, Beni?
Beni       : It will be held tomorrow morning.
Edo        : I wish you be the champion of the competition.
Lani       : I hope so.
Beni       : Edo.. We should go. You should take a rest much.
Lani       : Yes. We wish you get well soon. Bye
Edo        : Thank you for coming Bye

Fungsi Sosial       :
-        To express hopes and wishes
-        To congratulate others for their fortune
-        To congratulate others for their achievement
-        To have good personal relationship with others

Unsur Kebahasaan                 :       
(1)    Kosa kata: hope, so, Congratulations! happy for you.
(2)    Tata bahasa: will, can, hope, wish.
(3)    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal 
(4)    Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(5)    Ejaan dan tanda baca
(6)    Tulisan tangan.


Struktur Teks  :               
-       Hopes and Wishes        
-       I hope everything is fine
-       I hope so
-       Wish you luck
-       Good luck
-       I hope you will be a winner
-       Congratulation!
-       Congratulations for being the champion of the class!
-       I congratulate you for the winner of the story telling contest!
-       Congratulation for your hard efforts!
Topik

Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.

B.    MATERI REMEDIAL

Suryani meets Laila at  the school library.
Suryani               : Good afternoon Laila. It is nice to see you here. You are getting better.
Laila                  : Afternoon. I fell better now after several days sick
Suryani               : I hope you always fit and healthy soon
Laila                  : Thank you very much. By the way, how about your brother Pandu Song Festival?.
Suryani               : O... Great. He got the second place.
Laila                  : Nice... Congratulation. Please tell my happiness for him
Suryani               : Thanks. I abosolutely tell it to him.
Laila                  : Ok. Let us sit over there.
Suryani               : Good idea. Let’s go
 


C.    MATERI PENGAYAAN

Andika and Wawan are speaking about Basket ball competition. Andika’s  Basketball team is playing at the competition now.
            Andika   : Look...! My team is so fantastic. They play in a good teamwork
            Wawan   : Yes... I believe your team will win at this match.
            Andika   : I wish. I hope my basketball team will beat their  opponent.
At the end of the match.
            Andika   : Horrey... My team win the match. They are being the winner.
            Wawan   : Congcatulation. Your team did it
            Andika   : Thank you.. Thank you so much.
           
           

IV.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama

1.    Kegiatan Pembuka ( 10 Menit )
1)     Guru memberi salam dan menayakan keadaan siswa
2)     Guru memeriksa kehadiran siswa
3)     Guru menyampaikan materi dan mamfaat dari materi yang akan dipelajari.
4)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembeajaran ini
5)     Guru menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran
6)     Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran ( Kerja Kelompok dan Individu )
7)     Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari ( Apersepsi )



2.    Kegiatan inti ( 60 menit )

Mengamati
1)       Peserta didik membaca teks percakapan yang ditampilkan guru pada slide show
2)       Peserta didik mendengarkan guru membaca teks yang ada pada slide show dengan seksama
3)       Peserta didik mengulangi ucapan guru untuk membaca teks yang ada pada slide show dengan seksama
4)       Peserta didik memerankan teks yang ada pada slide show dengan lantang.

Menanya
1)     Guru mengarahkan  peserta didik untuk bertanya tentang teks percakapan yang telah diamati
2)     Peserta didik menjawab pertanyaan peserta didik lainnya dengan bimbingan guru tentang tata bahasa, intonasi, struktur teks, fungsi sosial, serta hal-hal lain yang ingin diketahui.

Mengumpulkan Informasi
1)     Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan guru ( TUGAS 1 )
2)     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan empat atau lima orang.
3)     Guru memberikan sebuah teks percakapan kepada masing – masing kelompok
4)     Peserta didik membaca dan memahami teks yang dibagikan guru
5)     Peserta didik mengidentifikasi makna teks, struktur teks, unsur kebahasaan dan fugsi sosial dari teks yang dibagikan guru. ( TUGAS 2 )
6)     Setiap wakil kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.

Mengolah Informasi
1)     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan tiga atau empat orang.
2)     Guru memberikan percakapan rumpang kepada masing – masing kelompok
3)     Peserta didik melengkapi percakapan sesuai situasi yang diberikan ( TUGAS 3 )
4)     Peserta didik mendiskusikan tugas yang telah mereka buat dengan guru dan teman sekelas.

Mengomunikasikan
1)     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan dua atau tiga orang
2)     Peserta didik menyusun percakapan sederhana berdasarkan situasi yang diberikan guru ( TUGAS 4 )
3)     Peserta didik menampilkan hasil kerja mereka di depan kelas
4)     Guru dan peserta didik lainnya memberika masukan atas penampilan yang dilaksanakan

3.    Kegiatan Penutup ( 10 menit)
1)     Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman konsep peserta didik tentang materi yang dipelajari
2)     Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan Pelajaran
3)     Guru meminta siswa membuat tugas portofolio dari pembelajaran ini dan membuat kesepakatan batas akhir mengumpulkan tugas tersebut.
4)     Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada per­temuan berikutnya.




Pertemuan Kedua

1.    Kegiatan Pembuka ( 10 Menit )
1)     Guru memberi salam dan menayakan keadaan siswa
2)     Guru memeriksa kehadiran siswa
3)     Guru menyampaikan materi dan mamfaat dari materi yang akan dipelajari.
4)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembeajaran ini
5)     Guru menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran
6)     Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran ( Kerja Kelompok / Individu )
7)     Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari ( Apersepsi )

2.    Kegiatan inti ( 60 menit)
Mengamati
1)     Peserta didik membaca teks percakapan yang ditampilkan guru pada slide show
2)     Peserta didik mendengarkan guru membaca teks yang ada pada slide show dengan seksama
3)     Peserta didik mengulangi ucapan guru untuk membaca teks yang ada pada slide show dengan seksama
4)     Peserta didik memerankan teks yang ada pada slide show dengan lantang.
Menanya
(1)    Guru mengarahkan  peserta didik untuk bertanya tentang teks percakapan yang telah diamati
(2)    Peserta didik menjawab pertanyaan peserta didik lainnya dengan bimbingan guru tentang tata bahasa, intonasi, struktur teks, fungsi sosial, serta hal-hal lain yang ingin diketahui.
Mengumpulkan Informasi
1)     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan empat atau lima orang.
2)     Guru memberikan sebuah teks percakapan kepada masing – masing kelompok
3)     Peserta didik membaca dan memahami teks yang dibagikan guru
4)     Peserta didik mengidentifikasi makna teks, struktur teks, unsur kebahasaan dan fugsi sosial dari teks yang dibagikan guru. ( TUGAS 5 )
5)     Setiap wakil kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
Mengolah Informasi
1)     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan tiga atau empat orang.
2)     Guru memberikan percakapan rumpang kepada masing – masing kelompok
3)     Peserta didik melengkapi percakapan sesuai situasi yang diberikan ( TUGAS 6 )
4)     Peserta didik mendiskusikan tugas yang telah mereka buat dengan guru dan teman sekelas.
Mengomunikasikan
1)     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan dua atau tiga orang
2)     Peserta didik menyusun percakapan sederhana berdasarkan situasi yang diberikan guru ( TUGAS 7 )
3)     Peserta didik menampilkan hasil kerja mereka di depan kelas
4)     Guru dan peserta didik lainnya memberika masukan atas penampilan yang dilaksanakan


3.    Kegiatan Penutup ( 10 menit)
1.      Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan Pelajaran
2.      Guru meminta siswa membuat tugas portofolio dari pembelajaran ini dan membuat kesepakatan batas akhir mengumpulkan tugas tersebut.
3.      Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada per­temuan berikutnya.





VI. PENILAIAN

A.     PENGETAHUAN

TUGAS 1

Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen            : Uraian singkat
Instrument                    : Teks dan Lembar Soal
           
            Complete the sentences with the word in the box!
Wish                        congratulation                        did                          
wish                        happy                                      hope



1.      I wish you will be better soon
2.      Wonderful. You did it
3.      We always hope the best thing for you.
4.      Wish you happy all the time
5.      Congratulation. You can deserve it
6.      Yanti is the best. I am happy to hear that.

Kunci

1.      Wish
2.      Did
3.      Hope
4.      Wish
5.      Congratulation
6.      Happy

Rubrik Penilaian

No
Keterangan
Skor
1
Jawaban benar
2
2
Jawaban salah
1
3
Tidak menjawab / kosong
0

Pedoman Penilaian
                     Skor Maksimal              : Jumlah soal x Skor Tertinggi =    6 x 2 = 12
                     Nilai                           : ( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100



TUGAS 2

Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen            : Uraian singkat
Instrument                    : Teks dan Lembar Soal
             
Read  the text  then answer these questions carefully!
Beni and Lani are looking at Edo who got an accident in the hospital.
Beni  : Hi.. Edo. What do you feel now?
Edo   : My left leg  still feels a serious pain. It got a little wound.
Lani  : I hope it will be better soon.
Edo   : Thanks so much. How about your Story Telling Competition, Beni?
Beni  : It will be held tomorrow morning.
Edo   : I wish you be the champion of the competition.
Lani  : I hope so.
Beni  : Edo.. We should go. You should take a rest much.
Lani  : Yes. We wish you get well soon. Bye
Edo   : Thank you for coming Bye

1.      Where is the conversation taken place?
2.      Who got an accident?
3.      What is  happened with Edo’s leg?
4.      What competition will Beni have?
5.      When will the competition be held?
6.      I wish you be the champion of the competition”  What is the synonym of the underlined word?
7.      You should take a rest much” What does the underlined word refer to?
8.      Which sentence that shows about  a reply for hope?
9.      What did Edo say this sentence “I wish you be the champion of the competition” for?
10.    We wish you get well soon” what does the sentence express about?

Kunci :
1.      In the hospital
2.      Edo
3.      It got a little wound
4.      Story Telling competition
5.      Tomorrow morning
6.      Contest, Game. Challenge
7.      Edo
8.      I hope so
9.      To express hope for Beni to win the competition
10.    Hopes and Wishes

Rubrik Penilaian
No
Keterangan
Skor
1
Tulisan dan Jawaban benar
3
2
Tulisan kurang dan Jawaban benar
2
3
Tulisan  dan Jawaban salah
1
4
Tidak menjawab / kosong
0

Pedoman Penilaian
                     Skor Maksimal              : Jumlah soal x Skor Tertinggi =    10 x 3 = 30
                     Nilai                           : ( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100

TUGAS 3

Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen            : Uraian singkat
Instrument                    : Teks dan Lembar Soal
Fill in the dialogue based on the situation given!

1.      Dayu got a throat pain. Siti comes and says,
Siti       : What about your throat now?
Dayu     : I still feel a serious pain. But I had gotten some medicine for it.
Siti       : .............................................................................................................
Dayu     : Thanks so much
2.      Mirna was a represent of Class IX to have Silat Match.
Filza     : You are the best. .....................................................................................
Mirna    : I hope so.
3.      Gina has a birthday. So Happy comes and says,
Happy   : Happy birthday. .....................................................................................
Gina     : thanks so much for your pray.
4.      Cakra has elected a a chairman. Rino says.
Rino     : You have elected  as our chairman. I hope you will do the job well.
Cakra    : ..............................................................................................................

Kunci
1.      I hope you will get well soon, I wish you will get better, I hope you will be health soon.
2.      I wish you be a champion of the match. I hope  you win the match, i believe you win the match.
3.      I wish you happy all the day, Wish you happy all the time.
4.      I hope so. Thank you, I wish too Thanks a lot. I hope like that, thanks

Rubrik Penilaian
Struktur teks
1.      Tidak runtut
2.      Cukup runtut
3.      Runtut
Pilihan kata
1.      Tidak cocok
2.      Cukup cocok
3.      Cocok
Kesesuaian isi dengan tema
1.      Tidak sesuai
2.      Cukup sesuai
3.      Sesuai
Kerapian
1.      Tidak rapi
2.      Cukup rapi
3.      Rapi

Pedoman penilaian
Skor maksimal                 : Jumlah Soal x Nilai Tertinggi
: 4 x 3  = 12
Nilai                              : Jumlah nilai      x  100
                                                              Skor maksimal


TUGAS  5

Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen            : Uraian singkat
Instrument                    : Teks dan Lembar Soal
              Read  the text  then answer these questions carefully!

Surya meets Wanto in the library.
Surya : Hi.. Wanto. How are you?
Wanto            : Fine.
Surya : Great wanto. You are the champion of Pelalawan Mr. Teen Model. Congratulation.
Wanto            : Thank you. That very nice of you
Surya : Welcome
Wanto            : I heard you got gold medal for Basketball tournament. Good work boy.
Surya : Yes. Thanks. It is all becouse of the solid team. Not only me.
Wanto            : Do not say that. I am proud of you and Congratulation
Surya : Thanks so much

1.      Where is the conversation taken place?
2.      Who got a gold medal?
3.      What did Wanto got for the competition?
4.      Why did surya team won the tournament?
5.      What is relationship between Wanto and Surya likely?
6.      It is all becouse of the solid team”  What is the synonym of the underlined word?
7.      I am proud of you” What does the underlined word refer to?
8.      Which sentence that shows about  a reply for Congratulation?
9.      What did Wanto say this sentence “Good work boy” for?
10.    I am proud of you and Congratulation” what does the sentence express about?
Kunci :
1.       In the library
2.       Surya
3.       The champion
4.       Becouase the team is solid
5.       Schoolmate, friends
6.       Compact, firm, Concrete
7.       Wanto
8.       Thank you. That very nice of you , Thanks so much.
9.       To express congratulation for Surya to win the competition
10.    Congratulation
Rubrik Penilaian
No
Keterangan
Skor
1
Tulisan dan Jawaban benar
3
2
Tulisan kurang dan Jawaban benar
2
3
Tulisan  dan Jawaban salah
1
4
Tidak menjawab / kosong
0
Pedoman Penilaian
                     Skor Maksimal              : Jumlah soal x Skor Tertinggi
                                                         10 x 3 = 30
                     Nilai                           : ( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100


TUGAS  6

Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen            : Uraian singkat
Instrument                    : Teks dan Lembar Soal

Fill in the dialogue based on the situation given!

1.      Dayu got a first grade in the class. Siti comes and says,
Siti       : ...........................................................................................................
Dayu     : Thanks so much siti.
Siti       : You are welcome
2.      Midun was a represent of Class IX to have Silat Match.  Midun got the gold medal for that.
Amir     : You are the best. .....................................................................................
Midun    : Thanks.  
3.      Happy comes and says congratulate for Erwin who got scholarship,
Happy   : Congratulation erwin. You deserve it
Erwin    : ...................................................................................................................
.Judika  has a little brother. Tulus says...
Tulus    : You becomes a brother now. Congratulation for your cute little brother.
Cakra    : ..............................................................................................................

Kunci
1.      Congratulation Dayu. I am proud of you
2.      Good job boy. You got it. / Congratulation. I am glad to know it.
3.      Thanks so much./ Thank you very much / it is nice of you
4.      Thanks a lot / thanks, I am really glad about it

Rubrik Penilaian

Struktur teks
1.       Tidak runtut
2.       Cukup runtut
3.       Runtut
Pilihan kata
1.      Tidak cocok
2.      Cukup cocok
3.      Cocok
Kesesuaian isi dengan tema
1.       Tidak sesuai
2.       Cukup sesuai
3.       Sesuai
Kerapian
1.       Tidak rapi
2.       Cukup rapi
3.       Rapi

Pedoman penilaian
Skor maksimal                 : Jumlah Soal x Nilai Tertinggi
: 4 x 3  = 12
Nilai                              : Jumlah nilai      x  100
                                                              Skor maksimal

B.     KETERAMPILAN

Keterampilan Tulis

TUGAS  4

Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen            : Uraian singkat
Instrument                    : Lembar Soal

Create a simple dialogue based on the situation below!

1.      Susi is the best singer in SMP Cemerlang. She will have a song competition tomorrow. Budi and Andi come to pray her.
2.      Rini had a toothache. Tiara comes and says her wishes
3.      Tono comes to Endi’s father’s funeral. Tono prays for Endi’s father.
4.      Indra is going to have Badminton game. Bima and Krisna come to say their hopes for him.

Rubrik Penilaian

Struktur teks
1.       Tidak runtut
2.       Cukup runtut
3.       Runtut
Pilihan kata
1.       Tidak cocok
2.       Cukup cocok
3.       Cocok
Kesesuaian isi dengan tema
1.       Tidak sesuai
2.       Cukup sesuai
3.       Sesuai
Tata Bahasa / Grammar
1.       Banyak kekeliruan dan mengubah makna
2.       Sedikit kekeliruan tapi tak mengubah makna
3.       Cocok dan tepat
Kerapian
1.       Tidak rapi
2.       Cukup rapi
3.       Rapi

Pedoman penilaian
Skor maksimal                 : Jumlah Soal x Nilai Tertinggi
: 5 x 3  = 15
Nilai                              : Jumlah nilai      x  100
                                                              Skor maksimal



TUGAS  7

Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen            : Uraian singkat
Instrument                    : Lembar Soal


Create a simple dialogue based on the situation below!
1.       Susi is the best singer in SMP Cemerlang. She got the first champion on KDI  song competition yesterday. Wati and Ani come to say congratulation.
2.       Rini had a scholarship from Tanoto Foundation. Tiara comes and says her congratulation
3.       Tono comes to Rinto. Tono won as an  Indonesian Young and Smart Top Model.

Rubrik Penilaian

Struktur teks
1.       Tidak runtut
2.       Cukup runtut
3.       Runtut
Pilihan kata
1.       Tidak cocok
2.       Cukup cocok
3.       Cocok
Kesesuaian isi dengan tema
1.       Tidak sesuai
2.       Cukup sesuai
3.       Sesuai
Tata Bahasa / Grammar
1.       Banyak kekeliruan dan mengubah makna
2.       Sedikit kekeliruan tapi tak mengubah makna
3.       Cocok dan tepat
Kerapian
1.       Tidak rapi
2.       Cukup rapi
3.       Rapi

Pedoman penilaian
Skor maksimal                 : Jumlah Soal x Nilai Tertinggi
: 5 x 3  = 15
Nilai                              : Jumlah nilai      x  100
                                                              Skor maksimal


Keterampilan Lisan

Teknik Penilaian                : Praktek
Teknik Instrumen               : Pengamatan tentang Presentasi Role Play teks percakapan sederhana
Instrument                       : Perintah Lisan
Instruction                       : Play your text in front of the classroom!
RUBRIK PENILAIN PRESENTASI

Kelas                             : ...................................................
Tanggal                           : …...................................................
Materi                            : …...................................................
NO
NAMA SISWA
Indikator
NILAI
Pronounciation
Intonation
Fluency
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4































Pedoman Pengskoran
Pronouncation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan /  sempurna
Intonation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan /  sempurna
Fluency
1.           Tidak lancar / terbata – bata
2.           Cukup lancar
3.           Lancar
4.           Sangat lancar
Pedoman penilaian 
Skor maksimal      = Banyak aspek x skor tertinggi ( 3 x 4  = 12 )
Nilai                   = Jumlah nilai : skor maksimal x 100



RENCANA REMEDIAL

            Instruction!
1.      Read the text carefully!
2.      Answer the questions based on the text!

Suryani meets Laila at  the school library.
Suryani               : Good afternoon Laila. It is nice to see you here. You are getting better.
Laila                  : Afternoon. I fell better now after several days sick
Suryani               : I hope you always fit then
Laila                  : Thank you very much. By the way, how about your brother Pandu Song Festival?.
Suryani               : O... Great. He got the second place.
Laila                  : Nice... Congratulation. Please tell my happiness for him
Suryani               : Thanks. I abosolutely tell it to him.
Laila                  : Ok. Let us sit over there.
         Suryani               : Good idea. Let’s go

1.      How many person are there on  the text?
2.      Where did Suryani meet Laila?
3.      When did Suryani meet Laila?
4.      What was happened with Laila?
5.      Who is Pandu?
6.      What did Pandu get?
7.      how about your brother Pandu Song Festival?.” What is the synonym of the underlined word?
8.      “I abosolutely tell it to him. What does the underlined word refer to?
9.      Congratulation. Please tell my happiness for him” The sentence expresses about?
10.    I hope you always fit then” What does the sentence express about?

Kunci :
1.      Two
2.      In the Library
3.      At the afternoon
4.      She got sick
5.      Suryani’s brother
6.      He got second place
7.      Contest
8.      Pandu
9.      To express congratulation for Pandu who won the song festival
10.    Hopes or Wishes

Rubrik Penilaian
Rubrik :
No
Keterangan
Skor
1
Tulisan dan Jawaban benar
3
2
Tulisan kurang dan Jawaban benar
2
3
Tulisan  dan Jawaban salah
1
2
Tidak menjawab / kosong
0

Pedoman Penilaian
                     Skor Maksimal              : Jumlah soal x Skor Tertinggi =    10 x 3 = 30
                     Nilai                           : ( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100

        

RENCANA PENGAYAAN

         Instruction!
1.      Make a group of three persons in one group!
2.      The person in group will be a narrator, Andika and Wawan.
3.      Memorize the conversation based on your role!
4.      Perform the dialogue well!

Andika and Wawan are speaking about Basket ball competition. Andika’s  Basketball team is playing at the competition now.
            Andika   : Look...! My team is so fantastic. They play in a good teamwork
            Wawan   : Yes... I believe your team will win at this match.
            Andika   : I wish. I hope my basketball team will beat their  opponent.
At the end of the match.
            Andika   : Horrey... My team win the match. They are being the winner.
            Wawan   : Congcatulation. Your team did it
            Andika   : Thank you.. Thank you so much.

Penilaian

Teknik Penilaian                : Praktek
Teknik Instrumen               : Pengamatan tentang Presentasi Role Play teks percakapan sederhana
Instrument                       : Perintah Lisan
Instruction                       : Play the text in front of the classroom!
RUBRIK PENILAIN PRESENTASI

Kelas                             : ...................................................
Tanggal                           : …...................................................
Materi                            : …...................................................
NO
NAMA SISWA
Indikator
NILAI
Pronounciation
Intonation
Fluency
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4































Pedoman Pengskoran
Pronouncation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan /  sempurna
Intonation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan /  sempurna
Fluency
5.           Tidak lancar / terbata – bata
6.           Cukup lancar
7.           Lancar
8.           Sangat lancar
Pedoman penilaian 
Skor maksimal      = Banyak aspek x skor tertinggi ( 3 x 4  = 12 )
Nilai                   = Jumlah nilai : skor maksimal x 100



V.       METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan                     : Scientific Approach
Model                             : Discovery Learning
Metode                           : Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Presentasi

VI.       MEDIA PEMBELAJARAN:

1.      Teks tentang Ungkapan Harapan Dan Doa

Siti   : Udin, please study hard. I hope you will pass the examination.
Udin  : I hope so, siti. You have to study hard too.
Siti   : Yes. We wish we will get a best mark and get scholarship later.
Udin  : Of course. I hope so too.

2.      Teks tentang Ucapan Selamat atas Suatu Kebahagian atau Prestasi

Mira              : Tania, I got the first on the competition.
Tania : Congratulation, Mira. You did the best thing.
Mira              : Thanks so much.
Tania : Welcome. We are so proud of you.


VII.      SUMBER BELAJAR :

Bahasa Inggris Think Globally Act Locally Kelas Ix SMP / MTs
English In Context Grade IX Penerbit Bumi Aksara
Kamus

     Pangkalan Kerinci, Juli 2016
              Mengetahui
           Kepala Sekolah                                                                                         Guru Bidang Study






    WARSONO. S.Pd, M.Si                                                                                           DODI INDRA. S.S
              NIP : 19670525 199103 1 004                                                                   NIP : 19780227 201001 1 009

11 komentar:

zumri

thanks a lot Sir, it is a very useful RPP, can i have another rpp?

Mokh Munirul ikwan

Terimaksih sangat membantu saya, untuk pengembangan RPP yang lain....

mursid89bing

thanks Sir, it make me clearer

Sunarti

terima kasih sudah memberikan pencerahan :)

Unknown

rpp terbaik dan terlengkap yg sebelumnya sy belum pernah lihat. trimaksih. sy sangat cocok

Posting Komentar