RPP
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP
MATA
PELAJARAN : BahasaInggris
KELAS/SEMESTER
: VII/1
MATERI POKOK : Teks lisan dan tulis untuk menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan
kehidupan siswa sehari-hari
ALOKASI
WAKTU : 6 x 40’
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Siswa terampil dalam menyebutkan dan menanyakan
nama dan jumlah binatang, benda dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari dengan menggunakan fungsi sosial, struktur teks dan unsure kebahasaannya dengan
menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab.
Sikap:
Siswa
terbiasa berperilaku jujur dan percayadiri dalam mengidentikasi nama dan jumlah
binatang, benda dan bangunan publik.
Pengetahuan:
Siswa
mengenal nama binatang, benda dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Keterampilan:
Siswa
terampil menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
Project :
Suppose you are animals lover, you will keeps kinds of animals at your
create a picture of a stable which consists of many
animals there and then
describe it.
B.
KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
·
KOMPETENSI
DASAR:
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda,
danbangunanpublik yang dekat dengan
kehidupan siswa sehari-hari.
4.6
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan
fungsisosial, struktu rteks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·
INDIKATOR (pencapaian KD(KI
3 dan KI 4)
1.
Siswa
menggunakan struktur teks yang benar dengan
percaya diri.
2.
Menggunakan
unsur kebahasaan yang tepat
3.
Siswa
menggunakan ungkapan dalam menyatakan dan menanyakan dengan santun
4.
Siswa
menyelesaikan semua penugasan tepat waktu dengan percaya diri dan penuh tanggungjawab
5.
Siswa
terampil menyatakan nama dan jumlah binatang
6.
Siswa
terampil menyatakan nama dan jumlah benda
7.
Siswa
terampil menanyakan nama dan jumlah bangunan publik
8.
Siswa
terampi lmenanyakan nama dan jumlah binatang
9.
Siswa
terampil menanyakan nama dan jumlah benda
10.
Siswa
terampil menanyakan nama dan jumlah bangunan publik
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial:
Mengenal dan mengidentifikasi
Struktur teks:
-
Benda
yang dipaparkan
-
Ciri
– cirinya termasuk apa yang ada didalamnya
ü It’s my
cricket.
ü They are my cats. There
are many fireflies in the farm., What is it?
ü Are they your toys? Which
one is your
book?
ü How many cows do you have?
ü The
hospital is near the post office.
ü The
police station is in the corner. dan semacamnya.
Unsur kebahasaan:
(1)
Nama
benda dan binatang di sekitar rumah dan sekolah siswa: hen, chicks, house lizard, dragon fly, cockroaches, mosquitoes.
(2)
Nama
bangunan umum: the post office, the bank, the hospital.
(3)
Kata tanya What? Which
one? How many?
(4)
Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(5)
Kata
ganti it, they, this, that, those, these.
(6)
Ungkapan
There is/are..., Are there ...?
(7)
Kata
kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense:
be, have, go, play,get, take, dan sebagainya.
(8)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan.
D. METODE PEMBELAJARAN:
·
Discovery learning
·
Project based learning
E. MEDIA PEMBELAJARAN:
Gambar, Video, DVD, Kasetpercakapandll
yang relevan
F. SUMBER BELAJAR
Kurikulum
2013 danbukuteks yang relevan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
a.
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
b.
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang
sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
c.
mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau
tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
d.
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan
tentang kegiatan yang akan
dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
Pertemuan
1 (2 x 40’)
SISWA
|
GURU
|
Mengamati
·
Siswa menonton
tayangan tentang nama-nama binatang
· Siswa menirukan contoh-contoh nama dan binatang.
· Siswa memperhatikan ciri ciri fisik dan prilaku binatang di lingkungan
tempat tinggal.
|
·
Guru memperlihatkan tayangan tentang nama binatang
·
Guru memutar kembali video untuk kedua
kalinya
|
Mempertanyakan
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan ciri
fisik dan prilaku
binatang di sekitar siswa dalam bahasa Inggris dan Indonesia.
|
Guru
memancing siswa untuk bertanya
·
What animal is it?
·
How many are they?
|
Mengeksplorasi
·
Siswa menggambarkan ciri fisik dan prilaku binatang
disekitar mereka
· Siswa bertukar
informasi dengan siswa lain tentang ciri fisik dan prilakunya dalam bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
|
·
Guru memancing siswa untuk menyebutkan nama
dan jumlah binatang.
·
It is….
·
They are
·
There is….
·
There are…..
·
Etc
·
Guru membagi kelas menjadi kelompok kecil
untuk melatih siswa berkomunikasi dalam konteks yang tepat melalui simulasi,
role play dan/atau kegiatan lain.
|
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkanntara
ciri pisik dan prilakunya dengan yang diketahuinya diluar lingkungan dengan
ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara ungkapan menyebutkan dan menanyakan
nama dan jumlah binatang, dalam bahasa Inggris
dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
|
·
Memberikan beberapa contoh penggunaan ‘it,
they, there is, there are’
·
Memberikan contoh lebih lanjut tentang cara
mendeskripsikan binatang
|
Mengomunikasikan
·
Siswa menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang dengan bahasa
Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris menyebutkan dan
menanyakan nama dan jumlah binatang dalam jurnal
belajarnya.
|
·
Meminta siswa memberikan beberapa contoh
penggunaan it,they,there is, and there
are
·
Memberi tugas dalam bentuk proyek yaitu membuat
gambar satu/beberapa binatang dan menulis deskripsinya.
|
Penutup
a. Guru bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b. melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram,
c. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
d. memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik, dan
e. menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
SUMBER
BELAJAR
Buku ajar, video
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
·
observasi, penilaian diri, teman sejawat
·
capaian siswa dinilai oleh guru, siswa
sendiri dan temnnya dengan menggunakan daftar cek
atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik
-
Jurnal, di dalam dan
luar kelas, berupa
catatan pendidik
·
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku
siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pertemuan 2 (2 x 4 JP)
SISWA
|
GURU
|
Mengamati
· Siswa mengamati benda- benda yang ada dalam gambar yang diberikan guru.
|
· Guru
memberikan gambar kelas dan menginstruksikan peserta didik untuk
mengamati benda – benda yang ada di dalamnya.
|
Mempertanyakan
· Siswa mendiskripsikan benda – benda apa saja yang
terdapat pada gambar yang diberikan guru. Hal 77
· Siswa menyebutkan benda – benda apa saja yang ada di
kelas mereka dan menyebutkan berapa jumlahnya 81
|
· Guru memandu peserta didik untuk
mengidentifikasi benda benda yang ada di dalam kelas melalui gambar.
· Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik benda – benda apa saja yang ada di kelas mereka dan berapa
jumlahnya.
· Memberikan rasional unsur kebahasaan
benda singular dan plural, question words ( what, which one , how many)
|
Mengeksplorasi
·
Siswa menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah benda dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Hal 80
·
Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah benda dalam bahasa
Inggris dalam proses pembelajaran
|
·
Guru
menanyakan kepada salah satu siswa benda apa saja yang ada di dalam tasnya.(
what have you got on your bag? / what are these in your bag?
·
Mengobservasi
siswa bermain peran
|
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah benda yang telah dipelajari dengan
ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah benda dalam bahasa Inggris dengan ungkapan
keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
|
Memandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama
dan jumlah dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
|
Mengkomunikasikan
· Siswa menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah benda dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris menyebutkan dan menanyakan
nama dan jumlah benda dalam
jurnal belajarnya
|
· Guru meminta siswa untuk menuliskan
label disekitar lingkungan sekolah.
· Siswa meletakan label tersebut pada
benda dan ruangan di sekitar sekolah
|
Penutup
·
Guru
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran,
·
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram,
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
·
Memberikan
tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik,
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
J. PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
Sikap:
-
observasi, penilaian diri, teman sejawat menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale)
yang disertai rubrik dengan
sasaran:
·
Upaya menggunakan bahasa
Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik ketika muncul kesempatan.
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Perilakusantun,
peduli, jujur, disiplin, percayadiri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
-
Jurnal,
di dalam dan luar kelas, berupa
catatan guru
Kriteria
|
Skor
|
||||
Jujur
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat sering
menunjukkan sikap tidak jujur
|
Sering
menunjukkan sikap tidak jujur
|
Beberapa
kali menunjukkan sikap tidak jujur
|
Pernah
menunjukkan sikap tidak jujur
|
Tidak
pernah menunjukkan sikap tidak jujur
|
|
Percaya diri
|
Sangat sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Pernah
menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Tidak pernah
menunjukkan sikap tidak percaya diri
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
4 = Lancar
3 = Cukup
lancar
2 = Kurang
lancar
1 = Tidak
lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 = Sangat
teliti
4 = Teliti
3 = Cukup
teliti
2 = Kurang
teliti
1 = Tidak
teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 = Hampir
sempurna
4 = Ada
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak
kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 = Hampir
sempurna
4 = Ada
beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak
kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif dan tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat
Keterampilan:
-
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan public
untuk mengukur:
· Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks. Menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik
· Tingkat ketepatan unsure kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Membuat proyek
“My Future Home” dan “a label for my school”untuk melihat kreativitas siswa dalam menerapkan pengetahuan yang telah dipelajarinya dalam perencanaan masa depan maupun kegiatan social di lingkungan sekitarnya.
Format Penilaian
Individu
Nama Kegiatan :
____________________________________________
Tanggal Pelaksanaan :
____________________________________________
Nama :
____________________________________________
NIS : ____________________________________________
NO
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
NILAI
|
KNOWLEDGE
|
||
1
|
Kosa
kata (vocabulary
|
|
2
|
Kelancaran
(fluency)
|
|
3
|
Ketelitian
(accuracy)
|
|
4
|
Pengucapan
(pronunciation)
|
|
5
|
Intonasi
(intonation)
|
|
6
|
Pemahaman
(understanding
|
|
7
|
Pilihan
kata (diction)
|
|
Attitude
|
||
1
|
Rasa
hormat (respect
|
|
2
|
Jujur
(honest)
|
|
3
|
Peduli
(care)
|
|
4
|
Berani
(brave)
|
|
5
|
Percaya
diri (confidence)
|
|
6
|
Berkomunikasi
baik (communicative)
|
|
7
|
Peduli
sosial (social awareness)
|
|
8
|
Ingin
tahu (curiosity )
|
|
Action
|
||
1
|
Kerja
sama (team work)
|
|
2
|
Melakukan
tindak komunikasi (communicative action)
|
|
Total
|
|
|
Rata-Rata
|
|
Penilaian
proses dimulai sejak aktivitas mengamati, mempertanyakan, mengeksplorasi,
mengasosiasi serta mengkomunikasikan
3 komentar:
thanks for the post,,, it's usefull,,,
Lho, langkah2 Project Based Learning di sini yang mana ya?
saya juga lagi nyari bu nining...
Posting Komentar