CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMP NEGERI BERNAS
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER : VII/1
MATERI POKOK : Jati Diri
ALOKASI WAKTU : 2 x 4 JP
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Peserta didik
terampil memaparkan dan menanyakan Jati Diri untuk melakukan komunikasi transaksional
dengan struktur teks yang runtut dan dengan unsur kebahasaan yang benar dengan
penuh semangat, berprilaku percaya
diri, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
B.
KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
·
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2
Menunjukkan perilaku percaya diri,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.4. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4. Menangkap makna pemaparan jati
diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
Ø INDIKATOR
Peserta didik
terampil mengungkapkan jati diri untuk melakukan komunikasi
transaksional mencakup aspek:
Sikap
1. Menunjukkan semangat
2. Menunjukkan
kepercaya dirian.
3. Menunjukkan kepercayaan
diri
4. Menunjukkan kedisiplinan
5. Menunjukkan tanggung jawab
Pengetahuan
1. Memaparkan dan menanyakan Jati diri
2. Memaparkan dan menanyakan anggota keluarga
Keterampilan
1. Memaparkan dan menanyakan Jati diri. ( My self )
2. Memaparkan dan menanyakan anggota keluarga.
( Everybody in my family )
Project
Membuat dan menberikan
Surat Cinta kepada Orang tua
Membuat dan Menyebutkan
anggota keluarga ( Family Tree )
C. MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial:
Melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman
Struktur teks:
a.
My name is....
I am.....
b.
What is your complete name?
What is your name?
c.
My nick name is.....
You can call me
d.
Can you spell your name?
How do you spell your name?
e.
I am from....
My hometown is......
f.
Where
are you from?
Where is your hometown?
g.
Where do you live?
h.
I live on....
i.
What is your...... name?
j.
Her/His name is .....
k.
How many brothers do you have?
How many sisters do you have?
l.
I have....
m.
How old is ......
What age is......
n.
What is ......
What is ...... job?
o.
I am.....
My Job is.....
Unsur kebahasaan:
a. Kata / ungkapan terkait jati diri.
b. Kata kerja dalam simple present tense: (is, am, are) dan Verb (verb 1, Verb
s/es).
c. Kata tanya What, Where, how
d. Kata ganti I, He, She, Her, His dan We.
e. Cardinal number dan ordinal number
f.
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan,
Topik
Jati diri ( Diri sendiri dan Keluarga ) yang penting dan relevan dengan
kehidupan Peserta didik, dengan memberikan keteladanan dengan bersemangat, percaya
diri, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
D. METODE PEMBELAJARAN:
- Scientific Approach
- Discovery Based Learning
- Project Based
Learning
E. MEDIA PEMBELAJARAN:
1. Buku
2. Fhoto
Keluarga
3. Pictures of Family
Tree
F. SUMBER BELAJAR
Gunawan,
Asep., Khatimah, Yuli R., Wachidah, Siti.
Bahasa Inggris: When English Rings the Bell. 2013: Politeknik Negeri Media
Kreatif, Jakarta.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Menyapa Peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik
Ø
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari
yaitu tentang nama hari, waktu, nama bulan
dan tahun.
Ø
Memberitahukan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Ø menyampaikan
garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan
peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
b.
Kegiatan Inti
Ø Mengamati ( Observing )
1. Peserta didik mengamati Family Tree yang di tayangkan guru melalui infocus
2. Siswa melengkapi kaliamat sederhana dalam lembar kerja yang dibagikan guru
sebagai hasil pengamatan
Ø Menanyakan ( Questioning
)
1. Peserta didik bertanya kepada guru dan teman sekelasnya tentang Silsilah
keluarga yang telah diamati
2. Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang keluarganya masing - masing
3. Peserta bertanya jawab tentang keluarga mereka ke temannya secara
berpasangan
Ø Menalar ( Associating )
1. Peserta didik membahas kata / ungkapan yang biasa digunakan dalam
memaparkan keluarga.
2. Peserta didik membahas unsur kebahasaan yang biasa dipakai dalam memaparkan
keluarga.
3. Peserta didik membandingkan cara memaparkan keluarga dalam bahasa Inggris
dengan cara memaparkan keluarga dalam bahasa Indonesia
Ø Mencoba ( Experimenting
)
1. Peserta didik mengidentifikasi keluarganya sendiri
2. Peserta didik melengkapi silsilah keluarga mereka di tabel yang diberikan
guru.
Ø Berkomunikasi ( Net
Working )
1. Peserta didik memaparkan keluarga mereka di hadapan guru dan teman sekelas
secara bergantian
c.
Kegiatan Penutup
Ø Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran tentang keluarga yang
telah dipelajari.
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat Family Tree peserta didik
masing – masing
Ø Guru menyampaikan rencana yang akan dipelajari di pertemuan selanjutnya
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
- observasi, penilaian diri, teman sejawat
menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale)
yang disertai rubrik (lihat Rubrik)
Pengetahuan:
lisan & penugasan (lihat rubrik)
Complete the sentence based on
the Family Tree that shown on the slide show!
Keterampilan:
Unjuk kerja/Praktik, Proyek (lihat Rubrik)
Tell your Family in front of your
friend orally!
PENILAIAN
SIKAP
Nama Siswa :..............................................
Kelas :..............................................
Materi Pokok :..............................................
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
JUMLAH
|
KET
|
||||
SEMANGAT
|
JUJUR
|
DISIPLIN
|
PERCAYA
DIRI
|
TANGGUNGJAWAB
|
||||
KETERANGAN :
1.
Belum terlihat
2.
Jarang terlihat
3.
Kadang – kadang terlihat
4.
Sering terlihat
5.
Selalu terlihat
PENILAIAN PENGETAHUAN
MATA
PELAJARAN : …………………………………………….
KELAS : …………………………………………….
MATERI : …………………………………………….
NO
|
NAMA SISWA
|
PENILAIAN
|
JUMLAH NILAI
|
KET
|
|||
PENGUCAPAN
|
PEMAHAMAN
|
KOSA KATA
|
KETELITIAN
|
||||
1
2
|
|||||||
RATA – RATA
|
|||||||
NILAI TERTINGGI
|
|||||||
NILAI TERENDAH
|
RUBRIK
PENILAIAN
Pengucapan
1 : Sulit dipahami
2 : Banyak kesalahan dan
mengganggu makna
3 : Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
4 : Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
5 : Hampir sempurna
Pemahaman
1.
Tidak memahami
2.
Kurang memahami
3.
Cukup memahami
4.
Memahami
5.
Sangat memahami
Kosakata
1 : Banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
2 : Banyak kesalahan dan
mengganggu makna
3 : Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
4 : Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
5 : Hampir sempurna
Ketelitian
- Tidak teliti
- Kurang teliti
- Cukup teliti
- Teliti
- Sangat teliti
PENILAIAN
KETERAMPILAN
MATA
PELAJARAN : …………………………………………….
KELAS : …………………………………………….
MATERI : …………………………………………….
NO
|
NAMA
SISWA
|
NO SOAL
|
JUMLAH
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Rubrik Penilaian
1. Di isi tapi salah
2. Di isi kurang betul
3. Di isi hampir betul
- Di isi betul
Pangkalan Kerinci, Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Study
WARSONO. S.Pd DODI INDRA. S.S
NIP : 19670525 199103 1 004 NIP : 19780227 201001 1 009
1 komentar:
pak dodi,..... kira2 rpp untuk smester genap kls 7 dengan buku when english rings the bell, sudah ada apa belum ya pak e??? saya mau mintak di-share nih, boleh ya? trims sebelumnya dan maaf ya?
Posting Komentar