KISI KSI UN SMP TAHUN 2015

On Sabtu, 09 September 2017 0 komentar



KISI-KISI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

1.    Bahasa Indonesia
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6076614672841988278#editor/target=post;postID=7710276960116058804Level Kognitif
Membaca  Nonsastra
Membaca Satra
Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat,
Paragraf
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
Pengetahuan dan pemahaman
·    Mengidentifikasi
·    Menentukan
·    Memaknai
Siswa mampu
- menentukan makna
kata/kalimat pada teks
- menentukan informasi
tersurat teks
- menentukan bagian
teks
Siswa mampu
-  menentukan makna kata
dalam cerpen dan fabel
-  menentukan makna
tersurat dalam cerpen
dan fabel
-  menentukan bagian
cerpen dan fabel
Siswa mampu
-  melengkapi teks
dengan kata atau
kalimat
Siswa mampu
-    menunjukkan kesalahan
penggunaan kata,
kalimat, kepaduan
paragraf
Siswa mampu
-   menunjukkan
kesalahan
penggunaan ejaan
atau tanda baca
Aplikasi
·    Menunjukkan bukti
·    Menyimpulkan
·    Menemukan ide
·    Menginterpretasikan
·    Menggunakan
·    Menyusun
Siswa mampu
- menentukan ide pokok
teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan
pendapat (pro/kontra)
- meringkas isi teks
Siswa mampu
-  menyimpulkan makna
simbol dalam cerpen dan
fabel
-  menyimpulkan isi tersirat
dalam cerpen/fabel
-  menyimpulkan
sebab/akibat konflik
Siswa mampu
-  menyusun urutan
kalimat berbagai jenis
teks
-  melengkapi kata,
kalimat, paragraf
Siswa mampu
-    menggunakan istilah
dalam kalimat
-    menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan kata)
Siswa mampu
-   menggunakan  ejaan
-   menggunakan tanda
baca
Penalaran
·    Mengevaluasi
·    Membandingkan
·    Menanggapi
·    Merefleksi
Siswa mampu
- membandingkan
penggunaan bahasa
dan pola penyajian
beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
Siswa mampu
-  membandingkan pola
pengembangan cerpen
dan fabel
-  membandingkan
penggunaan bahasa
cerpen dan fabel
-  mengomentari isi, pola
pengembangan/ bahasa
Siswa mampu
-  mengubah teks ke
dalam bentuk lain
-  menulis teks singkat
sesuai dengan
konteks
Siswa mampu
-    memperbaiki kesalahan
penggunaan kata,
kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
-    menentukan alasan
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
Siswa mampu
-   memperbaiki
kesalahan
penggunaan ejaan
dan tanda baca
-   menentukan alasan
kesalahan
penggunaan ejaan
dan tanda baca


 






























Keterangan
Jenis teks yang digunakan adalah:
Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



2.    Bahasa Inggris
Level Kognitif
Fungsi Sosial
StrukturTeks
UnsurKebahasaan
Pengetahuan dan pemahaman
·      Mengidentifikasi
Siswa dapat:
-   Mengidentifikasi topik/tujuan teks
fungsional pendek
-     Invitation
-     Announcement
-     Advertisement
-     Letter;
Esai pendek
-     Descriptive
-     Procedure
-     Recount
-     Narrative
-     Report
Siswa dapat :
-   Mengidentifikasi langkah kerja
/urutan/alur/plot dari
kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks
esai pendek:
-     Procedure
-     Recount
-     Narrative
-     Descriptive
-     Report
Siswa dapat:
-     Mengidentifikasi ungkapan/kata yang
memiliki makna yang sama dalam teks
fungsional pendek
-      Invitation
-      Announcement
-      Advertisement
-      Letter;
Esai pendek
-      Descriptive
-      Procedure
-      Recount
-      Narrative
-      Report
-     Menentukan kata atau bentuk gramatika
yang tepat untuk melengkapi teks esai
pendek
-      Narrative
-      Recount
-      Procedure
Penerapan
·      Mengklasifikasi
·      Menentukan
·      menerapkan
Siswa dapat :
-     Menerapkan fungsi detil dari setiap
langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek
yang ada disebutkan dalam teks
fungsional pendek
-     invitation
-     announcement
-     advertisement
-     Letter;
Esai pendek
-     Descriptive
-     Procedure
Siswa dapat:
-  Menjelaskan keterkaitan antara langkah
satu dengan yang lainnya dalam teks
fungsional pendek
-     Invitation
-     Announcement
-     Advertisement
-     Letter;
Esai pendek
-     Descriptive
-     Procedure
-     Recount


 






































KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



Level Kognitif
Fungsi Sosial
StrukturTeks
UnsurKebahasaan

-     Recount
-     Narrative
-     Report
-     Narrative
-     Report
-  Menentukan susunan kata yang tepat
dalam kalimat yang terdapat dalam teks
esai pendek
-    Descriptive
-    Procedure
-    Recount
-    Narrative
-    Report

Penalaran
·      menyimpulkan
·      menganalisis
Siswadapat:
-   Menentukan akibat setelah membaca teks
fungsional  pendek
-     Invitation
-     Announcement
-     Advertisement
-     Letter;
Esai pendek
-     Descriptive
-     Procedure
-     Recount
-     Narrative
-     Report
Siswadapat :
·      Menyimpulkan hasil dari langkah yang
dilakukan atau tidak dilakukan dalam
teks fungsional pendek
-      Invitation
-      Announcement
-      Advertisement
-      Letter;
Esai pendek
-      Descriptive
-      Procedure
-      Recount
-      Narrative
-      Report


 











































KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



3. Matematika

Level Kognitif
Bilangan
Aljabar
Geometri dan Pengukuran
Statistika dan Peluang
Pengetahuan dan
Pemahaman
·    Mendeskripsikan
·    Membuat tabulasi
·    Menghitung
·    Menginterpretasi
·    Memprediksi
·    Menentukan
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang:
-       operasi bilangan bulat dan
sifat-sifatnya
-       operasi bilangan pecahan dan
sifat-sifatnya
-       operasi bilangan berpangkat
dan sifat-sifatnya
-       operasi bilangan bentuk akar
dan sifat-sifatnya
-       pola barisan bilangan
-       barisan dan deret
-       aritmetika sosial
-       perbandingan
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang:
-       bentuk aljabar
-       persamaan dan
pertidaksamaan linier satu
variabel
-       sistem persamaan linier dua
variabel
-       himpunan dan diagram
venn
-       relasi atau fungsi
-       persamaan garis lurus
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang:
-       hubungan garis dan sudut
serta ukurannya
-       konsep segiempat dan
segitiga serta ukurannya
-       teorema pythagoras
-       unsur/bagian lingkaran serta
ukurannya
-       unsur bangun ruang sisi datar
maupun lengkung
-       luas permukaan dan volume
bangun ruang sisi datar
maupun lengkung
-       kesebangunan dan kongruen
bangun datar
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang:
-       menyajikan dan
mendeskripsikan data
dalam bentuk diagram
batang, garis atau
lingkaran
-       rata-rata, median,
modus
-       titik sampel, ruang
sampel dan peluang
Aplikasi
·    Mengklasifikasi
·    Mengeskperimen data
·    Mengonstruk
·    Menyelesaikan masalah
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
-       operasi bilangan bulat dan
sifat-sifatnya
-       operasi bilangan pecahan dan
sifat-sifatnya
-       operasi bilangan berpangkat
dan sifat-sifatnya
-       operasi bilangan bentuk  akar
dan sifat-sifatnya
-       pola barisan bilangan
-       perbandingan
-       aritmetika sosial
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
-       persamaan dan
pertidaksamaan linier satu
variabel
-       operasi dua himpunan
-       relasi atau fungsi
-       persamaan garis lurus
-        sistem persamaan linier
dua variabel
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
-       teorema Pythagoras
-       unsur-unsur/bagian lingkaran
-       unsur-unsur bangun ruang
-       kesebangunan dan
kekongruenan segitiga
-       luas permukaan dan volume
bangun ruang sisi datar
maupun lengkung
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
-       rata-rata, median,
modus
-       penyajian data dalam
bentuk diagram batang,
garis atau lingkaran
-       ruang sampel dan
peluang sederhana

 
3.    Matematika






































KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



Level Kognitif
Bilangan
Aljabar
Geometri dan Pengukuran
Statistika dan Peluang
Penalaran
·    Menjelaskan
·    Membedakan
·    Menafsirkan
·    Menyimpulkan
Siswa mampu menggunakan nalar
yang berkaitan dengan:
-       bilangan bulat
-       pecahan
-       barisan dan deret
-       aritmetika sosial
-       perbandingan
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
-       persamaan linier dua
variabel
-       penggunaan konsep
himpunan
-       penggunaan konsep fungsi
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
-       kesebangunan segitiga
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan
dengan:
-       rata-rata, median,
modus
-       penyajian data dalam
bentuk diagram batang,
garis atau lingkaran

 











































KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016


4.    ILMU PENGETAHUAN ALAM
4.1 BIOLOGI

Level Kognitif
Makhluk hidup dan lingkungannya
Struktur dan fungsi makhluk hidup
Pengetahuan
·       Mengidentifikasi
·       Mendeskripsikan
·       Mengklasifikasi
·       Menunjukkan
·       Menjelaskan
·       Menentukan
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
-       gejala alam biotik dan abiotik
-       ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
-       keragaman pada sistem organisasi kehidupan
-       interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
-       sistem gerak pada manusia
-       sistem pencernaan manusia
-       sistem peredaran darah
-       sistem pernafasan
-       sistem ekskresi
-       sistem reprodusi manusia
-       jaringan tumbuhan
-       kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi
Aplikasi
·       Memberi contoh
·       Menyimpulkan
·       Menerapkan
·       Menghubungkan
·       Memprediksi
·       Membandingkan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
-       interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
-       kepadatan populasi manusia
-       pencemaran lingkungan
-       alat untuk mengenal gejala-gejala kehidupan
-        prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-       faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem gerak
-       percobaan dalam sistem pencernaan
-       mekanisme peredaran darah
-       percobaan sistem pernapasan
-       menjaga kesehatan sistem ekskresi
-       kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
-       keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
-       percobaan fotosintesis
-       kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi
Penalaran
·        Menganalisis
·        Mensintesis
·        Mengevaluasi
·        Menilai
·        Memperpimbangkan
·        Memecahkan masalah
·        Memberi argumen
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
-       pengelolaan lingkungan untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan
-       dampak interaksi makluk hidup dan
lingkungannya
-       pengaruh kepadatan populasi manusia pada
makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
-      keterkaitan antara sistem organ pada manusia
-      keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
-      pola hidup sehat
-      manfaat perkembangbiakan tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan
manusia
-      percobaan fotosintesis

 


































KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



Level Kognitif
Pengukuran, zat dan sifatnya
Mekanika dan Tata Surya
Gelombang, Listrik dan Magnet
Pengetahuan dan
pemahaman
·      Mengidentifikasi
·      Menyebutkan
·      Menunjukkan
·      Membedakan
·      Mengelompokkan
·      Menjelaskan
Siswa mampu memahami tentang:
-   pengukuran
-   besaran dan satuan
-   konsep zat dan wujudnya
-   zat serta perubahannya
-   zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
-   partikel zat
-   pencemaran
-   campuran
-   larutan
Siswa mampu memahami tentang:
-     gerak lurus
-     hukum newton
-     usaha dan energi
-     pesawat sederhana
-     suhu dan kalor
-     tekanan
-     tata surya
Siswa mampu memahami tentang:
-     getaran dan gelombang
-     bunyi
-     optik
-     listrik dan magnet
Aplikasi
·      Mengklasifikasi
·      Menginterpretasi
·      Menghitung
·      Mendeskripsikan
·      Memprediksi
·      Mengurutkan
·      Membandingkan
·      Menerapkan
·      Memodifikasi
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
-     pengukuran
-     konsep zat dan wujudnya
-     zat serta perubahannya
-     zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
-     partikel zat
-     pencemaran
-     campuran
-     larutan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
-   gerak lurus
-   hukum newton
-   usaha dan energi
-   pesawat sederhana
-   suhu dan kalor
-   tekanan
-   tata surya
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
-   getaran dan gelombang
-   bunyi
-   optik
-   listrik dan magnet
Penalaran dan logika
·      Menemukan
·      Menyimpulkan
·      Menggabungkan
·      Menganalisis
·      Memecahkan masalah
·      Merumuskan
Siswa mampu bernalar tentang:
-     pengukuran
-     konsep zat dan wujudnya
-     zat serta perubahannya
-     zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
-     partikel zat
-     pencemaran
-     campuran
-     larutan
Siswa mampu bernalar tentang:
-   gerak lurus
-   hukum newton
-   usaha dan energi
-   pesawat sederhana
-   tekanan
-   suhu dan kalor
Siswa mampu bernalar tentang:
-   getaran dan gelombang
-   bunyi
-   optik
-   listrik dan magnet

 



4.2  FISIKA-KIMIA






































KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016

0 komentar:

Posting Komentar