RPP BAHASA INGGRIS KELAS IX KURIKULUM 2013

On Kamis, 26 Januari 2017 2 komentar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                             : SMP Negeri Bernas                               
Mata Pelajaran                                   : Bahasa Inggris
Kelas/semester                                  : IX / Ganjil
Materi Pokok                                     : What should I do for?
Alokasi Waktu                                    : 1 Pertemuan ( 2 JP)


1.     Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
I.         KOMPETENSI INTI


II.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.2.   Menunjukkan perilaku  jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggungjawab dalam  melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3.4.  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.1 Memahami Struktur Teks  untuk menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan tindakan/kejadian
3.4.2 Memahami Unsur Kebahasaan teks untuk menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan tindakan/kejadian
3.4.3 Memahami Fungsi Sosial teks untuk menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan tindakan/kejadian

4.4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4.1 Menyusun teks lisan sederhana tentang menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan tindakan/kejadian
4.4.2         Menyusun teks tulis sederhana tentang menyatakan dan menanyakan maksud dan tujuan melakukan tindakan/kejadian

III.          MATERI PEMBELAJARAN

Materi Reguler        :
-       Teks lisan dan tulis untuk menyatakan maksud dan tujuan

Menyatakan maksud dan tujuan
-          Must.... in order to.....
-          Have to ..... in order to.....
-          Should.... to....
-          Need to ...... so that ...


Contoh Teks













Fungsi Sosial           :
-         To state the purpose or intention to do something
-         To keep good interpersonal relationship

Unsur Kebahasaan

Untuk dapat menyatakan maksud dan tujuan  melakukan sesuatu tindakan atau kegiatan serta responnya.
1)     Kata kerja bantu modal must, should, have to
2)    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa  nominal
3)    Kata tanya, Whay/ dan what for?
4)    Ucapan, tekanan kata, dan intonasi
5)    Ejaan dan tanda baca
6)    Tulisan tangan.

Topik

Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran tentang kegiatan dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

Materi Remedial
 




















Materi Pengayaan

a.      What do we wear helmet in riding motorcycle for?
b.     Why should we stay on line in Bank service?


IV.         LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.     Kegiatan Pembuka ( 10 Menit )
1)      Guru memberi salam dan menayakan keadaan siswa
2)     Guru memeriksa kehadiran siswa
3)     Guru menyampaikan materi dan mamfaat dari materi yang akan dipelajari.
4)     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembeajaran ini
5)     Guru menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran
6)     Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran ( Kerja Kelompok dan Individu )
7)     Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari ( Apersepsi )

2.    Kegiatan inti ( 60 menit)

Mengamati
1)      Peserta didik membaca teks halaman 37 – 39 buku siswa “ Think Globally Act Locally”
2)     Peserta didik mendengarkan guru membaca teks dengan seksama
3)     Peserta didik mengulangi ucapan guru untuk membaca teks dengan seksama
4)     Peserta didik memerankan teks dengan lantang.
Menanya
(1)     Guru mengarahkan  peserta didik untuk bertanya tentang teks percakapan yang telah diamati
(2)    Peserta didik menjawab pertanyaan peserta didik lainnya dengan bimbingan guru tentang tata bahasa, intonasi, struktur teks, fungsi sosial, serta hal-hal lain yang ingin diketahui.
Mengumpulkan Informasi
1)      Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan guru ( Tugas 1 )
2)     Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan empat atau lima orang.
3)     Peserta didik membaca dan memahami teks halaman 46 – 48 buku siswa “ Think Globally Act Locally”
4)     Peserta didik mengidentifikasi makna teks, struktur teks, unsur kebahasaan dan fugsi sosial dari teks ( TUGAS 2 )
5)     Setiap wakil kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
Mengolah Informasi
1)      Peserta didik membentuk kelompok yang beranggotakan tiga atau empat orang.
2)     Guru memberikan situasi tertentu kepada masing – masing kelompok
3)     Peserta didik merancang teks sederhana sesuai situasi yang diberikan ( TUGAS 3 )
4)     Peserta didik mendiskusikan tugas yang telah mereka buat dengan guru dan teman sekelas.
Mengomunikasikan
1)      Peserta didik membacakan hasil kerja mereka di depan kelas
2)     Peserta didik menempelkan hasil kerja mereka di dinding kelas untuk dibaca peserta didik lainnya
3)     Guru dan peserta didik lainnya memberika masukan atas penampilan yang dilaksanakan


3.    Kegiatan Penutup ( 10 menit)
1.      Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan Pelajaran
2.      Guru meminta siswa membuat tugas portofolio dari pembelajaran ini dan membuat kesepakatan batas akhir mengumpulkan tugas tersebut.
3.      Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada per­temuan berikutnya.




V.          PENILAIAN

a.      PENGETAHUAN

TUGAS  1

Teknik Penilaian                   : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen                 : Uraian singkat
Instrument                           : Teks dan Lembar Soal

                Fill the blanks with suitable word!
1.      We have to take a bath twice a day ... to be healthy.
2.      The students need to study hard ... they will get success.
3.      You ... have breakfast every morning to get an energy.
4.      The children ... respond their parents well in order to be good children.
5.      Sinta should work train hard ... win the compitation
6.      Rina ... come early to school so that she can prepare her lesson well.

                Rubrik Penilaian
No
Keterangan
Skor
1
Jawaban benar
2
2
Jawaban salah
1
3
Tidak menjawab / kosong
0

                Pedoman Penilaian
Skor Maksimal                 : Jumlah soal x Skor Tertinggi
                                           6 x 2 = 12
Nilai                                 : ( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100

TUGAS  2

Teknik Penilaian                   : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian singkat
Instrument                           : Teks dan Lembar Soal
                 
Read  the text  then answer these questions carefully!
Text Page 46 and 48 “Think Globally Act Locally”

1.      What should Siti say We need to have proper food for?
2.      Why doesn’t Siti skip her breakfast?
3.      What must Edo  do regular exercise for?
4.      What should Edo swim for?
5.      Why are instand foods not good for health?
6.      What should Lani eat to stay healthy?
7.      What should Udin do to keep clean home and  the clasroom for?
8.      Why do we need to wash our bath tub?
Kunci :
1.      To keep our body healthy.
2.      So that she has energy to do activities during the day.
3.      Regular exercise is good for health.
4.      To have strong muscles
5.      They may contain dangerous chemicals like MSG, preservatives, and artificial colours.
6.      Eat a lot of more healthy home – made foods.
7.      In order to be healthy
8.      So that mosguitoes don’t lay their egg there.
Rubrik Penilaian

No
Keterangan
Skor
1
Tulisan dan Jawaban benar
3
2
Tulisan kurang dan Jawaban benar
2
3
Tulisan  dan Jawaban salah
1
4
Tidak menjawab / kosong
0

Pedoman Penilaian
                            Skor Maksimal                     : Jumlah soal x Skor Tertinggi
                                                                           8 x 3 = 24
                            Nilai                                    : ( Jumlah Nilai siswa : Skor maksimal ) x 100



TUGAS  3

Teknik Penilaian                   : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen                 : Uraian singkat
Instrument                           : Teks dan Lembar Soal

Write down a simple reason and a purpose of activities below?

1.      Consume vegetables and fruits everyday
2.      Consume at least 8 liters water in a day
3.      Save money
4.      Save energy
5.      Honour parents and teacher

Kunci

                                Based on the students answer

Rubrik Penilaian

Struktur teks
1.       Tidak runtut
2.       Cukup runtut
3.       Runtut
Pilihan kata
1.      Tidak cocok
2.      Cukup cocok
3.      Cocok
Kesesuaian isi dengan tema
1.       Tidak sesuai
2.       Cukup sesuai
3.       Sesuai
Kerapian
1.       Tidak rapi
2.       Cukup rapi
3.       Rapi

Pedoman penilaian
Skor maksimal                         : Jumlah Soal x Nilai Tertinggi
: 4 x 3  = 12
Nilai                                        : Jumlah nilai      x  100
                                                                                  Skor maksimal

b.     KETERAMPILAN


Keterampilan Lisan

Teknik Penilaian                      : Praktek
Teknik Instrumen                     : Pengamatan tentang Presentasi Reading Text sederhana
Instrument                               : Perintah Lisan
Instruction                               : Read your text in front of the classroom!
RUBRIK PENILAIN READING TEXT

Kelas                                       : ...................................................
Tanggal                                    : …...................................................
Materi                                     : …...................................................
NO
NAMA SISWA
Indikator
NILAI
Pronounciation
Intonation
Fluency
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4































Pedoman Pengskoran
Pronouncation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan /  sempurna
Intonation
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
3 = Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
4 = Hampir tidak ada kesalahan /  sempurna
Fluency
1.           Tidak lancar / terbata – bata
2.           Cukup lancar
3.           Lancar
4.           Sangat lancar
Pedoman penilaian 
Skor maksimal         = Banyak aspek x skor tertinggi ( 3 x 4  = 12 )
Nilai                         = Jumlah nilai : skor maksimal x 100


RENCANA REMEDIAL

1.      Do exercise page 53  to 54 buku siswa Bahasa Inggris “ Think Globally Act Locally”
2.      Do it on a piece of paper!




RENCANA PENGAYAAN

Write a simple text about these activities!
a)     What do we wear helmet in riding motorcycle for?
b)     Why should we stay on line in Bank service?

VI.       METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                             : Scientific Approach
Model                                      : Discovery Learning
Metode                                   : Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Presentasi

VII.      MEDIA  PEMBELAJARAN
 














VIII.      SUMBER BELAJAR

Bahasa Inggris Think Globally Act Locally
Kamus

     Pangkalan Kerinci, Juli 2016
              Mengetahui
           Kepala Sekolah                                                                                                              Guru Bidang Study





    WARSONO. S.Pd, M.Si                                                                              DODI INDRA. S.S
                 NIP : 19670525 199103 1 004                                                                                            NIP : 19780227 201001 1 009

2 komentar:

Posting Komentar