RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP NEGERI
BERNAS
KELAS/SEMESTER : VII/1
MATA
PELAJARAN : BAHASA
INGGRIS
MATERI POKOK /
TEMA : TIME
ALOKASI
WAKTU : 1 x 2 JP( 1 x Pertemuan )
A.
KOMPETENSI INTI
1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3
: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesua idengan yang dipelajari di
sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teoriMencoba, mengolah,
danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang/teori
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
Indikator:
- Siswa mengidentifikasi jam atau waktu
- Siswa mengidentifikasi kegiatan sehari –
hari serta waktunya
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, denganunsurkebahasaan yang benar dansesuaikonteks.
Indikator :
- Siswa trampil mengucapkan jam /waktu
- Siswa trampil mengungkapkan kegiatan sehari – hari serta waktunya
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Siswa terampil menggunakan nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktudalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun untuk melakukan komunikasi transaksional dengan struktur teks yang runtut dan dengan unsur kebahasaan yang benar; dilandasi sikap jujur,
disiplin, percaya diri,
dan bertanggungjawab.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Materi Pokok : Time
Ungkapan :
a)
What time is it? It’s
six o’clock.
b)
What time do you usually have breakfast, lunch,
dinner? etc
c)
At half past ten, a quarter past eleven.
d)
What do you do at 5 PM.
e)
I do Subuh Prayer. Etc
Kata kerja dalam simple present tense:
be ( is, am, are )
Verb ( have, go, wake, sleep, do,
etc )
Kata tanya
What, When, What time, etc
Kata ganti
I, She, he, dan it
NamaWaktu
-
O’clock
-
Past
-
To
-
A half
-
A quarter
Nama – nama kegiatan sehari hari
-
Going to school
-
Take a bed
-
Having lunch
-
Etc
Numbers
-
One
-
Two
-
Three
-
etc
E.
METODE
PEMBELAJARAN:
Discovery
Learning
Diskusi
Kelompok
Tanya
Jawab
F.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN:
1.
Media :
§ Slide
Power Point
§ Gambar
- Gambar
2.
Alat :
§ In
Focus
3.
Sumber
§
Bahasa Inggris When English Rings the Bell
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pembuka ( 10 Menit )
a)
Guru
masuk ke kelas dan menyapa peserta didik.
b)
Guru
mengecek kehadiran siswa
c)
Guru
melakukan apersepsi tentang pelajaran
yang lalu yaitu tentang nama
– nama hari dan nama bulan
d)
Guru menyampaikan
Tujuan Pembelajaran
e)
Guru
menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai dalam pembelajaran
yang akan dilaksanakan
2.
Kegiatan
Inti ( 60 Menit )
NO
|
KEGIATAN
SISWA
|
KEGIATAN
GURU
|
1.
|
Observating / Mengamati:
a. Siswa memperhatikan tayangan video dan melengkapi Lembar pengamatan yang dibagikan
guru
|
a.
Guru membagikan lembar
pengamatan dan menayangkan video tentang waktu dan kegiatan sehari – hari.
|
2.
|
Questioning / Mempertanyakan
a.
Siswa digiring untuk bertanyajawab tentang slide yang
diperlihatkan guru, seperti jam, waktu, dan cara membacanya dalam bahasa Inggris
b.
Siswa digiring untuk bertanya mengenai waktu dan nama kegiatannya sehari – hari
|
a.
Guru membimbing siswa bertanyajawab tentang Slide
yang telah diamati
b.
Guru membimbing siswa untuk bertanyajawab tentang waktu dan kegiatan sehari – hari
|
3.
|
Associating
/ Menalar
a. Siswa mengamati aturan dan cara membaca Jam dalam bahasa Inggris.
b. Siswa menganalisa fungsi,
struktur teks dan pilihan bahasa dalam menyebutkan waktu
|
a.
Guru memperlihatkan aturan atau cara mengungkapkan
jam dalam bahasa Inggris
b.
Guru membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, stuktur teks dan pilihan bahasa dalam menyebutkan waktu
|
4.
|
Experiment ( Eksplorasi ):
a.
Siswa mendiskusikan “kegiatan harian” mereka secara berpasangan.
b.
Siswa menyusun kegiatan harian mereka dari pagi sampai malam hari secara individu melalui Lembar Kerja yang dibagikan guru.
|
a.
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan “kegiatan harian”
dengan teman sebangkunya.
b.
Guru membagikan Lembar Kerja dan membimbing siswa untuk melengkapinya
|
5.
|
Networking
/ Mengkomunikasikan
a.
Siswa menampilkan hasil kerjanya didepan kelas.
b.
Siswa mengungkapkan waktu dan kegiatan sehari
– hari kepada siapa pun yang ditemuinya, seperti: keluarga, teman, guru, dan
lain-lain
|
a.
Guru meminta siswa untuk menampilkan tugas kerjanya
di depan kelas
b.
Guru memotivasi siswa untuk mengkomunikasikan waktu dan kegiatan sehari
– hari didalam dan
di luar kelas.
|
3.
KegiatanPenutup ( 10 Menit )
a)
Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
b)
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
c)
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
H. PENILAIAN
A.
Aspek Sikap
FORMAT PENILAIAN
Nama siswa :
Tanggal Pelaksanaan :
Kelas :
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
|
SIikap
|
|
|
|
|
|
|
1.
Jujur
|
|
|
|
|
|
|
2. Disiplin
|
|
|
|
|
|
|
3. PercayaDiri
|
|
|
|
|
|
|
4. Tanggungj awab
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Sangat kurang
2.
Kurang Konsisten
3.
Mulai Konsisten
4.
Konsisten
5.
Sangat Konsisten
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
:
Nilai Sikap
Skor maksimal : 4 x 5 = 20
Nilai : Skor diperoleh/ Skor maksimal
x 4
B.
PENGETAHUAN
INSTRUMEN
1. Lembar Pengamatan
Fill
in the table based on the video!
NAME
|
TIME
|
ACTIVITY
|
NONO AND LORA
ANNI AND BILLI
DANY AND SUSAN
|
11.30
12.00
12.30
|
BREAKFAST
LUNCH
DINNER
BREAKFAST
LUNCH
DINNER
GO TO BED
|
JAWABAN
NAME
|
TIME
|
ACTIVITY
|
NONO AND LORA
BILLI
ANNI
DANY AND SUSAN
|
12.00
07.00
11.30
12.00
08.00
12.00
10.00
|
LUNCH
DINNER
MEET ANNI
MEET BILLI
BREAKFAST
LUNCH
GO TO BED
|
1.
Lembar Kerja Siswa
Fill
in the table with your Daily Activity!
NO
|
TIME
|
ACTIVITY
|
1
2
3
4
5
6
dst
|
|
|
KEMUNGKINAN
JAWABAN LKS
NO
|
TIME
|
ACTIVITY
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
|
05.00
06.15
06.00
07.00
10.10
01.20
02.00
04.30
05.00
06.25
07.00
07.30
10.00
|
Get Up
Doing Subuh Prayer
Take a bath
Go to School
Have Breakfast in School canteen
Go Home Back from School
Have Lunch
Take a Rest
Pklay Basket Ball
Do Magrib Prayer
Have Dinner
Study
Take a Bed
|
FORMAT
PENILAIAN
Namasiswa :
Tanggal Pelaksanaan :
Kelas :
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
B
|
Pengetahuan
|
|
|
|
|
|
|
1.
Penulisan kata
|
|
|
|
|
|
|
2.
Ketepatan jawaban
|
|
|
|
|
|
|
3.
Kerapian tulisan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
|
|
a.
Penulisan kata
Uraian
|
Skor
|
100% penulisan kata tepat
80% penulisan
kata tepat
60% penulisan kata tepat
40% penulisan kata tepat
20% penulisan kata tepat
|
5
4
3
2
1
|
b.
KetepatanJawaban
Uraian
|
Skor
|
Jawaban benar/tepat
Jawaban tidak tepat
Tidak menjawab
|
5
3
0
|
c. Kerapian tulisan
Uraian
|
Skor
|
Rapi dan terbaca
Kurang rapi dan kurang terbaca
|
5
3
|
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
:
Nilai Sikap
Skor maksimal : 3 x 5 = 15
Nilai : Skor diperoleh/ Skor maksimal
x 4
KETERAMPILAN
Present /
Read your Daily Activity in front of the class!
FORMAT PENILAIAN
Namasiswa :
Tanggal Pelaksanaan :
Kelas :
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
C
|
Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
1.
Kelancaran
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengucapan
|
|
|
|
|
|
|
3.
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
|
|
NO
|
ASPEK
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
1
|
Kelancaran
|
1
2
3
4
5
|
Tidak Lancar
Kurang lancar
Cukup lancar
Lancar
Sangat lancar
|
2
|
Pengucapan
|
1
2
3
4
5
|
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
Hampir sempurna
|
3
|
Intonasi
|
1
2
3
4
5
|
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
Hampir sempurna
|
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
:
Nilai Sikap
Skor maksimal : 3 x 5 = 15
Nilai : Skor diperoleh/ Skor maksimal
x 4
Pangkalan Kerinci, Juli 2013
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Bidang Study
WARSONO. S.Pd DODI INDRA. S.S
NIP : 19670525 199103 1 004
NIP : 19780227 201001 1 009
3 komentar:
Apersepsi yg bagus untuk materi time gimana ya Pak? Boleh minta saran? Thank you
Apersepsi yg bagus untuk materi time gimana ya Pak? Boleh minta saran? Thank you
Sangat membantu
Posting Komentar