TATA TERTIB CERDAS CERMAT RAMADHAN

On Sabtu, 08 September 2012 0 komentar


TATA TERTIB CERDAS CERMAT  RAMADHAN
SMP NEGERI BERNAS BINAAN KHUSUS KABUPATEN PELALAWAN



1.     Peserta wajib datang 10 menit sebelum cerdas cermat dimulai.

2.     Cerdas cermat ini dibagi menjadi dua babak, Babak regu dan Babak Rebutan.

3.     Pemenang adalah regu atau tim yang mendapat nilai tertinggi.


Babak Regu

1.     Setiap tim peserta memiliki 1 orang juru bicara, dan hanya juru bicara tersebut yang diperkenankan menjawab pertanyaan yang diajukan. Jika peserta melanggar, sanksinya adalah skor tim peserta tersebut akan dikurangi 100.

2.      Setiap tim  / regu akan diberikan 5 soal. Waktu untuk menjawab soal tersebut adalah 30 detik.

3.     Bagi regu yang menjawab benar nilai 100 sedangkan jika salah tidak ada pengurangan nilai.

4.     Peserta hanya boleh menjawab pertanyaan setelah MC selesai membacakan pertanyaan.

5.     Jika peserta menjawab pertanyaan saat MC belum selesai membacakan soal, atau tidak memencet bel, atau tidak dipersilakan oleh MC dan ternyata jawabannya salah, maka skor tim peserta tersebut akan dikurangi 100 dan tidak diperbolehkan menjawab soal setelah pembacaan soal selesai. Soal tersebut boleh dijawab oleh tim peserta yang lainnya.

6.     Jika regu bersangkutan tidak bisa menjawab soal, maka soal tersebut dilempar ke regu  lain yang memencet bel paling cepat atau duluan dan setelah dipersilakan oleh MC. Jika jawaban benar nilai seratus dan jika salah tidak ada pengurangan nilai.

7.     Peserta yang kedapatan curang dan atau menerima  jawaban dari penonton dan atau dari pihak manapun akan dikurangi nilai 100 setiap kali kecurangan dilakukan.

Babak Rebutan

1.     Pada Babak Rebutan akan diberikan 10 / 15 soal. Setiap anggota regu berhak menjawab dengan memencet bel dan setelah dipersilakan oleh MC.

2.     Jika jawaban benar maka nilai 100

3.     Jika peserta menjawab pertanyaan dengan salah atau tidak tepat, maka akan mengurangi nilai 100 dan soal tidak dilemparkan ke regu lain.

4.     Jika peserta menjawab pertanyaan saat MC belum selesai membacakan soal, atau tidak memencet bel, atau tidak dipersilakan oleh MC, maka skor tim peserta tersebut akan dikurangi 100 dan tidak diperbolehkan menjawab soal. Soal tersebut boleh dijawab oleh tim peserta yang lainnya setelah pembacaan soal selesai.

5.     Tim atau Regu dengan nilai tertinggi akan masuk kebabak final / akan menjadi juara

6.     Bagi regu yang memiliki nilai sama maka akan diberi lima soal rebutan tambahan. Pemenang adalah regu yang mendapat nilai palig tinggi dari soal tambahan.


Dodiindranotesaja.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar