NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KECAKAPAN PRIBADI

On Kamis, 14 Juni 2012 0 komentar


MATRIKS
NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KECAKAPAN PRIBADI
(MAMAT SUPRIATNA, 2010)
No.
Dimensi

Indikator

1
Intrapersonal (Kemampuan memahami diri sendiri sebagai makhluk Tuhan YME)
Kesadaran-Diri: Pemahaman potensi diri.
Peninjauan-Diri: Pemahaman pengalaman dalam mengungkapkan potensi diri.
Penghargaan-Diri: Pengutamaan pemeliharaan dan pemanfaatan potensi diri secara optimal.
Adaptasi-Diri: Penempatan diri berdasarkan pemahaman atas potensi.

2
Interpersonal (Kemampuan memahami orang lain)
Empati: Memahami pandangan atau pemikiran dan ikut merasakan pengalaman emosional orang lain dalam kondisi tertentu.
Hormat: Menghargai orang lain dengan berlaku baik dan sopan.
Ramah: Menanggapi orang lain secara tulus atau tidak pura-pura.
Membimbing: Membantu dalam mengarahkan orang lain sesuai dengan kemampuannya.

3
Interaktif (Kemampuan berinteraksi sosial secara bermakna)
Humor: Meluapkan kegembiraan secara spontan dan menciptakan lelucon yang tidak meyakiti orang lain.
Toleransi: Menghormati martabat dan hak semua orang meskipun keyakinan dan perilaku mereka berbeda.
Berperan Layak: Terlibat secara aktif dalam kegiatan bersama yang dilandasi komitmen.
Mengatasi Konflik:
Mengambil keputusan yang tepat sebagai pilihan untuk berkembang atau berubah ke arah yang lebih baik.



PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH

Nilai-nilai karakter di atas telah dianalisis berdasarkan kajian yang melibatkan nilai-nilai agama, norma-norma sosial, peraturan/hukum, etika akademik, dan prinsip-prinsip HAM, hingga teridentifikasi nilai karakter yang dikelompokkan menjadi lima, yaitu nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan (1) Tuhan Yang Maha Esa, (2) diri sendiri, (3) sesama manusia, dan (4) lingkungan, serta (5) kebangsaan. Namun, penumbuh-kembangan nilai-nilai tersebut merupakan hal yang sangat sulit. Oleh karena itu, pada tingkat sekolah dipilih 20 nilai karakter utama yang disarikan dari butir-butir SKL (Permen Diknas nomor 23 tahun 2006) dan SK/KD (Permen Diknas nomor 22 tahun 2006).
Berikut adalah daftar 20 nilai utama yang dimaksud dan diskripsi ringkasnya.

1.      Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan (Religius)
Pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan/atau ajaran agamanya.

2.     Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri
a.     Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain

b.     Bertanggung jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME.

c.     Bergaya hidup sehat
Segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

d.      Disiplin 
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

e.      Kerja keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan  guna menyelesaikan tugas (belajar/pekerjaan) dengan sebaik-baiknya.

f.      Percaya diri
Sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapannya.

g.     Berjiwa wirausaha
Sikap dan perilaku yang mandiri dan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.



h.     Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Berpikir dan melakukan sesuatu secara kenyataan atau logika  untuk  menghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari  apa yang telah dimiliki.

i.      Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

j.       Ingin tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

k.       Cinta ilmu
Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap pengetahuan.

3.     Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama
a.     Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
Sikap tahu dan mengerti serta melaksanakan apa yang menjadi milik/hak diri sendiri dan orang lain serta tugas/kewajiban diri sendiri serta orang lain.

b.     Patuh pada aturan-aturan sosial
Sikap menurut dan taat terhadap aturan-aturan berkenaan dengan masyarakat dan  kepentingan umum.

c.       Menghargai  karya dan prestasi orang lain
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.

d.     Santun
Sifat yang halus dan baik  dari sudut pandang tata bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.

e.     Demokratis
Cara berfikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

4.     Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

5.     Nilai kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

a.     Nasionalis
Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya.

b.     Menghargai keberagaman
Sikap memberikan respek/hormat terhadap berbagai macam hal baik yang berbentuk fisik, sifat, adat, budaya, suku, dan agama.


0 komentar:

Posting Komentar