MATRIKS
NILAI-NILAI
KARAKTER DALAM KECAKAPAN PRIBADI
(MAMAT
SUPRIATNA, 2010)
No.
|
Dimensi
|
Indikator
|
1
|
Intrapersonal
(Kemampuan memahami diri sendiri sebagai makhluk Tuhan YME)
|
Kesadaran-Diri: Pemahaman potensi diri.
|
Peninjauan-Diri: Pemahaman pengalaman dalam mengungkapkan potensi
diri.
|
||
Penghargaan-Diri: Pengutamaan pemeliharaan dan pemanfaatan potensi diri
secara optimal.
|
||
Adaptasi-Diri: Penempatan diri berdasarkan pemahaman atas potensi.
|
||
2
|
Interpersonal (Kemampuan memahami orang lain)
|
Empati: Memahami pandangan atau pemikiran dan ikut merasakan
pengalaman emosional orang lain dalam kondisi tertentu.
|
Hormat: Menghargai orang lain dengan berlaku baik dan sopan.
|
||
Ramah: Menanggapi orang lain secara tulus atau tidak
pura-pura.
|
||
Membimbing: Membantu dalam mengarahkan orang lain sesuai dengan
kemampuannya.
|
||
3
|
Interaktif (Kemampuan
berinteraksi sosial secara bermakna)
|
Humor: Meluapkan kegembiraan secara spontan dan menciptakan
lelucon yang tidak meyakiti orang lain.
|
Toleransi: Menghormati martabat dan hak semua orang meskipun
keyakinan dan perilaku mereka berbeda.
|
||
Berperan Layak: Terlibat secara aktif dalam kegiatan bersama yang
dilandasi komitmen.
|
||
Mengatasi Konflik:
Mengambil keputusan yang
tepat sebagai pilihan untuk berkembang atau berubah ke arah yang lebih baik.
|
PENGEMBANGAN NILAI-NILAI
KARAKTER
DI SEKOLAH
Nilai-nilai karakter di atas telah dianalisis berdasarkan kajian yang melibatkan nilai-nilai agama, norma-norma
sosial, peraturan/hukum, etika
akademik, dan prinsip-prinsip HAM, hingga teridentifikasi nilai karakter yang dikelompokkan menjadi lima, yaitu nilai-nilai perilaku manusia dalam
hubungannya dengan (1) Tuhan Yang Maha Esa, (2) diri sendiri, (3) sesama
manusia, dan (4) lingkungan, serta (5) kebangsaan.
Namun, penumbuh-kembangan nilai-nilai tersebut
merupakan hal yang sangat sulit. Oleh karena itu, pada tingkat sekolah dipilih
20 nilai karakter utama yang disarikan dari butir-butir SKL (Permen Diknas
nomor 23 tahun 2006) dan SK/KD (Permen Diknas nomor 22 tahun 2006).
Berikut adalah daftar 20 nilai utama yang dimaksud dan
diskripsi ringkasnya.
1. Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan (Religius)
Pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang yang
diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan/atau ajaran agamanya.
2. Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri
sendiri
a. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya
sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain
b. Bertanggung jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan
kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME.
c. Bergaya hidup sehat
Segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam
menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat
mengganggu kesehatan.
d.
Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan
dan peraturan.
e.
Kerja keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai
hambatan guna menyelesaikan tugas
(belajar/pekerjaan) dengan sebaik-baiknya.
f.
Percaya diri
Sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap
keinginan dan harapannya.
g. Berjiwa wirausaha
Sikap dan perilaku yang mandiri dan pandai atau berbakat mengenali produk
baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk
baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
h. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Berpikir dan melakukan sesuatu secara kenyataan atau logika untuk
menghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari apa yang telah dimiliki.
i.
Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas.
j.
Ingin tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan
meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
k.
Cinta ilmu
Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian,
dan penghargaan yang tinggi terhadap
pengetahuan.
3. Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama
a. Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
Sikap tahu dan mengerti serta melaksanakan apa
yang menjadi milik/hak diri sendiri dan orang lain serta tugas/kewajiban diri sendiri serta orang
lain.
b. Patuh pada aturan-aturan sosial
Sikap menurut dan taat terhadap aturan-aturan berkenaan dengan masyarakat dan
kepentingan umum.
c.
Menghargai karya dan prestasi orang lain
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang
berguna bagi masyarakat, dan mengakui
dan menghormati keberhasilan orang lain.
d. Santun
Sifat yang halus dan baik dari sudut pandang tata bahasa maupun tata
perilakunya ke semua orang.
e. Demokratis
Cara berfikir, bersikap dan
bertindak yang menilai sama hak dan
kewajiban dirinya dan orang lain.
4. Nilai karakter dalam hubungannya dengan
lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah
kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk
memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi bantuan
bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
5. Nilai kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa
dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
a. Nasionalis
Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan
kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
yang tinggi terhadap bahasa,
lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya.
b. Menghargai keberagaman
Sikap memberikan
respek/hormat terhadap berbagai macam hal baik yang berbentuk fisik, sifat,
adat, budaya, suku, dan agama.
0 komentar:
Posting Komentar