MODUL
AJAR
NAMA PENYUSUN :
DODI INDRA, S.S
INSTANSI :
SMP NEGERI BERNAS
TAHUN PEMBUATAN :
2024
MATA PELAJARAN :
BAHASA INGGRIS
FASE :
D
KELAS :
VIII ( DELAPAN )
CHAPTER :
LOVE OUR WORLD
DOMAIN :
LISTENING - SPEAKING
READING - WRITING
ALOKASI WAKTU :
14 JP ( 7 TM )
TUJUAN PEMBELAJARAN :
8.1
Mengidentifikasi konteks, gagasan utama, dan informasi terperinci dari ragam
teks lisan/tulisan yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup
kehidupan remaja
8.2
Menggunakan struktur teks, fungsi social, dan unsur kebahasaan dari ragam teks
yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup kehidupan remaja
8.3
Merancang berbagai ragam teks tulisan maupun lisan sederhana yang disajikan
dalam bentuk multimoda dalam lingkup kehidupan remaja
8.4
Memproduksi berbagai ragam teks tulisan maupun lisan sederhana yang disajikan
dalam bentuk multimoda dalam lingkup kehidupan remaja
KONTEN
UTAMA : NOTICE
SUB
KONTEN : INSTRUCTION
KATA
KUNCI : Instruction,
Warning, Caution, Short Notice, Commond,
Social Function. Aim, Purpose.
MATERI
PRASYARAT : Command Statement
PROFIL
PELAJAR PANCASILA YANG BERKAITAN :
Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan
Kreatif
SARANA
DAN PRASARANA : Laptop, Speaker,
infocus, whiteboard, spidol, dll
MODEL
PEMBELAJARAN : GBA
( Genre Based Approach )
ASESMEN :
ü Individu
dan kelompok
ü Tes
Tulis ( Urain singkat dan essay )
ü Diskusi
( Berpasangan dan berkelompok )
ü Tugas
Kelompok
ü Presentasi
ü Product
MATERI,
ALAT DAN BAHAN
ü PPt terkait
topik
ü Instruction
ü Kamus
ü Buku
Paket
ü LKPD
ü Bahan
Bacaan Tambahan lainnya dari google
KEGIATAN
PEMBELAJARAN UTAMA
ü Kegiatan
Individu
ü Diskusi
Kelompok
ü Presentasi
ü Product
ü Tugas
Mandiri
LANGKAH
– LANGKAH PERSIAPAN PEMBELAJARAN
ü Merancang
Kegiatan Pembelajaran
ü Membuat
Bahan Ajar
ü Membuat
Media Pembelajaran
ü Mendesian
Kegiatan Pembelajaran
ü Membuat
LKPD
BAHAN
BACAAN MURID
ü Buku
Siswa English For Nusantara SMP/MTs
kelas VIII
Penerbit Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan
Teknologi
tahun
2022
ü Link
You Tube
ü Link
Google
ü Bahan
bacaan lainnya
BAHAN
BACAAN GURU
ü Buku
Guru English For Nusantara SMP/MTs kelas
VIII
penerbit Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan
Teknologi
tahun
2022
ü Bahan
bacaan relevan lainnya
PERTEMUAN 1
BUILDING KNOWLEDGE OF FIELD
KEGIATAN AWAL ( 10 Menit )
1. Guru memberi salam dan menayakan keadaan
murid
2. Guru memeriksa kehadiran murid
3. Guru menyampaikan materi dan mamfaat dari
materi yang akan dipelajari.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dalam pembelajaran .
5. Guru menyampaikan aspek – aspek yang akan
dinilai selama proses pembelajaran
6. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran ( Diskusi Kelompok dan Tugas Individu,
Presentasi dan Tugas Mandiri )
7. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari (
Apersepsi )
KEGIATAN INTI ( 60 Menit )
- 1. Guru
menuliskan beberapa kosa kata baru di papan tulis ( Vocabulary ) ( 5 Menit )
- 2.
Guru membaca kata yang telah ditulis dan
diikuti murid secara bersama-sama
( Repeat after Me ) ( 5 Menit )
- 3. Guru
dan murid membahas kata yang telah ditayangkan. ( 15 Menit )
- 4. Murid
mengerjakan latihan yang diberikan guru melalui LKPD 1 secara berpasangan ( Exercise 1 : Vocabulary ) ( 30 Menit )
- 5. Guru
dan Murid membahas Latihan yang sudah dikerjakan ( 5 Menit )
KEGIATAN AKHIR ( 10 Menit )
1. Guru bersama-sama murid membuat
rangkuman/simpulan Pelajaran
2. Guru meminta murid membuat refleksi dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan untuk perbaikan dipertemuan
selanjutnya.
3. Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
PENILAIAN
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
Teknik
Instrumen : Uraian singkat
Instrument : Perintah Tulis
Instruction
Find Indonesian translation of
the words!
NO |
ENGLISH |
INDONESIAN |
1 |
Wash |
|
2 |
Running water |
|
3 |
Turn on |
|
4 |
Turn off |
|
5 |
Faucet |
|
6 |
Apply |
|
7 |
Rub |
|
8 |
Together |
|
9 |
Dry |
|
10 |
Towel |
|
Kunci
NO |
ENGLISH |
INDONESIAN |
1 |
Wash |
Cuci |
2 |
Running water |
Air mengalir |
3 |
Turn on |
Hidupkan |
4 |
Turn off |
Matikan |
5 |
Faucet |
Kran |
6 |
Apply |
Gunakan |
7 |
Rub |
Gosok |
8 |
Together |
Bersamaan |
9 |
Dry |
Keringkan |
10 |
Towel |
Handuk |
Rubrik
Penilaian
ü Jawaban
benar : nilai 2
ü Jawaban
salah :
nilai 1
ü Tidak
menjawab / Kosong : nilai 0
Pedoman
Penilaian
Skor
Maksimal : Jumlah Soal x Skor Tertinggi
10 x 2 =
20
Nilai :
( Jumlah Nilai : Skor maksimal ) x 100
PERTEMUAN
2
BUILDING
KNOWLEDGE OF FIELD
KEGIATAN AWAL ( 10 Menit )
1. Guru memberi salam dan menayakan keadaan
murid
2. Guru memeriksa kehadiran murid
3. Guru menyampaikan materi dan mamfaat dari
materi yang akan dipelajari.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dalam pembelajaran .
5. Guru menyampaikan aspek – aspek yang akan
dinilai selama proses pembelajaran
6. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran ( Diskusi Kelompok dan Tugas Individu,
Presentasi dan Tugas Mandiri )
7. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari (
Apersepsi )
KEGIATAN INTI ( 60 Menit )
- 1. Murid
membaca materi yang dibagikan guru atau menonton video yang di bagikan linknya
di grup kelas. https://youtu.be/99Jqk3mZQRQ
( 5 Menit )
- 2. Guru
menjelaskan materi Imperative sentence ( PPt 1 : Imperative sentence ( 25 Menit )
- 3. Guru
dan murid berdiskusi tentang penjelasan yang diberikan guru ( 5 Menit )
- 4. Murid
mengerjakan latihan yang diberikan guru melalui LKPD 2 ( Exercise 2 : Imperative sentence ) secara berpasangan ( 20 Menit )
- 5. Guru
dan Murid membahas Latihan yang sudah dikerjakan ( 5 Menit )
KEGIATAN AKHIR ( 10 Menit )
1. Guru bersama-sama murid membuat
rangkuman/simpulan Pelajaran
2. Guru meminta murid membuat refleksi dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan untuk perbaikan dipertemuan
selanjutnya.
3. Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
PENILAIAN
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
Teknik
Instrumen : Uraian singkat
Instrument : Perintah Tulis
Create a simple imperative
sentence with this word!
NO |
WORD |
SENTENCE |
1 |
Sit |
|
2 |
Say |
|
3 |
Wait |
|
4 |
Begin |
|
5 |
Come |
|
6 |
Walk |
|
7 |
Stay |
|
8 |
Swim |
|
9 |
Jump |
|
10 |
Go |
|
Kunci
NO |
WORD |
SENTENCE |
1 |
Sit |
Berdasarkan
jawaban siswa |
2 |
Say |
|
3 |
Wait |
|
4 |
Begin |
|
5 |
Come |
|
6 |
Walk |
|
7 |
Stay |
|
8 |
Swim |
|
9 |
Jump |
|
10 |
Go |
|
Rubrik
Penilaian
ü Jawaban
benar tulisan benar : nilai 3
ü Jawaban
benar tulisan salah : nilai 2
ü Jawaban
salah tulisan salah : nilai 1
ü Tidak
menjawab / Kosong : nilai 0
Pedoman
Penilaian
Skor
Maksimal : Jumlah Soal x Skor Tertinggi
10 x
3
= 30
Nilai :
( Jumlah Nilai: Skor maksimal ) x 100
PERTEMUAN
3
MODELLING
OF TEXT
KEGIATAN AWAL ( 10 Menit )
- 1. Guru
memberi salam dan menayakan keadaan murid
- 2. Guru
memeriksa kehadiran murid
- 3. Guru
menyampaikan materi dan mamfaat dari materi yang akan dipelajari.
- 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran .
- 5. Guru
menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran
- 6. Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran (
Diskusi Kelompok dan Tugas Individu, Presentasi dan Tugas Mandiri )
- 7. Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari ( Apersepsi )
KEGIATAN INTI ( 60 Menit )
- 1.
Guru meminta murid membuka buku paket ( Teks Halaman
141 English for Nusantara kelas VIII ) ( 5 Menit )
- 2. Murid
mendengarkan guru membaca teks ( 5 Menit
)
- 3.
Murid mengulangi bacaan guru ( Repeat After me ) ( 5 Menit )
- 4. Siswa
membaca teks sesuai arahan guru ( 3 atau
4 kali ) ( 20 Menit )
- 5. Guru
dan Murid membahas teks yang sudah dibaca (
5 Menit )
- 6. Guru
meminta murid mengakses materi ( TIPS )
melalui HP di laman https://youtu.be/HnikOKLcGSY ( 5 Menit )
- 7. Guru
dan murid berdiskusi tentang nateri yang sudah diamati ( 10 Menit )
KEGIATAN AKHIR ( 10 Menit )
1. Guru bersama-sama murid membuat
rangkuman/simpulan Pelajaran
2. Guru meminta murid membuat refleksi dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan untuk perbaikan dipertemuan
selanjutnya.
3. Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
PENILAIAN
Teknik
Penilaian : Tes Lisan
Teknik
Instrumen : Lembar Pengamatan
Membaca Teks
Instrument : Perintah Lisan
Instruction : Read text
carefully!
Rubrik
Penilaian
Pronouncation
1.
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2.
Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
3.
Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
4.
Hampir tidak ada kesalahan / sempurna
Intonation
1.
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2.
Ada beberapa kesalahan dan menganggu makna
3.
Ada kesalahan tapi tidak menganggu makna
4.
Hampir tidak ada kesalahan / sempurna
Fluency
1. Tidak lancar / terbata – bata
2. Cukup lancar
3. Lancar
4. Sangat lancar
Clarity
of Reading
1. Tidak
jelas terdengar
2. Cukup
jelas terdengar
3. Jelas
terdengar
4. Sangat
jelas terdengar
Seriuosness
1. Tidak
serius / main – main / Menolak membaca
2. Cukup
seriusi / sedikit main - main
3. Serius
4. Sangat
serius / Tidak ada main - main
Pedoman
penilaian
Skor
maksimal = Banyak aspek
x skor tertinggi
5
x 4 = 20
Nilai
= Jumlah nilai : skor
maksimal x 100
PERTEMUAN
4
MODELLING
OF TEXT
KEGIATAN AWAL ( 10 Menit )
- 1. Guru
memberi salam dan menayakan keadaan murid
- 2. Guru
memeriksa kehadiran murid
- 3. Guru
menyampaikan materi dan mamfaat dari materi yang akan dipelajari.
- 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
- 5. Guru
menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran
- 6. Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran (
Diskusi Kelompok dan Tugas Individu, Presentasi dan Tugas Mandiri )
- 7. Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari ( Apersepsi )
KEGIATAN INTI
- 1.
Murid membaca materi yang dibagikan
guru (TIPS FOR GOOD ORAL HYGIENE) ( 5
Menit )
- 2. Guru
dan murid berdiskusi tentang teks yang sudah dibaca ( 15 Menit )
- 3.
Murid mengerjakan latihan yang diberikan
guru melalui LKPD 3 ( Exercise 3 : Reading
Comprehension ) secara berpasangan (
30 Menit )
- 4.
Guru dan Murid membahas Latihan yang
sudah dikerjakan ( 10 Menit )
KEGIATAN AKHIR ( 10 Menit )
1. Guru bersama-sama murid membuat
rangkuman/simpulan Pelajaran
2. Guru meminta murid membuat refleksi dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan untuk perbaikan dipertemuan
selanjutnya.
3. Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
PENILAIAN
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
Teknik
Instrumen : Uraian singkat
Instrument : Perintah Tulis
Instruction
1. Read text page carefully!
2. Pay attention to every sentences of the
text!
3. Identify generic structure of the text!!
4. Consult your teacher if there are some
questions!
5. Happy working!
TIPS FOR GOOD ORAL
HYGIENE 1.
Use
fluoride toothpaste as it’s been proven to help prevent tooth decay. 2.
Make
it a daily habit to floss or use an inter-dental brush to remove bacteria
and food debris in between teeth and under the gum line. 3.
Avoid
frequent snacking on food or drinks high in sugars or acid. These can
accumulate to form plaque. 4.
Limit
between-meal snacks to two a day. 5.
Visit
a dentist regularly so that dental problems can be detected and treated
promptly. 6.
Get
your teeth professionally cleaned at regular intervals. |
- 1. Why
is fluoride toothpaste recommended for daily use?
- 2. What
is a potential consequence of frequent snacking on sugary foods?
- 3. How
many between-meal snacks are suggested to limit you to each day?
- 4. Why
is it important to visit a dentist regularly?
- 5. Get your teeth professionally… What does the underlined word refer to?
- 6. Visit a dentist regularly... What is synonym of the underlined word?
- 7. Which
snack that should be avoided?
- 8. What
is the text for?
Kunci
1.
To remove bacteria and food debris in between teeth and under the
gum line
2.
Can accumulate to form
plaque.
3.
Two a day
4.
Dental problems can be
detected and treated promptly.
5.
Audience
6.
Systematically ,
Generally
7.
Sugar and acid
8.
To give advice how to
have good oral hygiene.
Rubrik
Penilaian
ü Jawaban
benar tulisan benar : nilai 3
ü Jawaban
benar tulisan salah : nilai 2
ü Jawaban
salah tulisan salah : nilai 1
ü Tidak
menjawab / Kosong : nilai 0
Pedoman
Penilaian
Skor
Maksimal : Jumlah Soal x Skor Tertinggi
8
x 3
= 24
Nilai :
( Jumlah Nilai: Skor maksimal ) x 100
PERTEMUAN
5
JOINT
CONSTRUCTION OF TEXT
KEGIATAN AWAL ( 10 Menit )
1. Guru
memberi salam dan menayakan keadaan murid
2. Guru
memeriksa kehadiran murid
3. Guru
menyampaikan materi dan mamfaat dari materi yang akan dipelajari.
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran
5. Guru
menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran
6. Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran (
Diskusi Kelompok dan Tugas Individu, Presentasi dan Tugas Mandiri )
7. Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari ( Apersepsi )
KEGIATAN INTI ( 60 Menit )
1. Guru
meminta murid duduk berkelompok ( 3 / 4 orang perkelompok ) ( 5 Menit )
2. Guru
meminta murid memperhatikan teks acak yang dibagikan guru ( 5 Menit )
3. Murid
menyusun teks dalam kelompok ( 10 Menit
)
4. Murid
menempelkan teks yang sudah disusun dikertas yang diberikan guru pada LKPD 4 ( Exercise 4 : Jumble Picture) ( 10 Menit )
5. Guru
dan murid membahas teks yang sudah dikerjakan ( 30 Menit )
KEGIATAN AKHIR ( 10 Menit )
1. Guru bersama-sama murid membuat
rangkuman/simpulan Pelajaran
2. Guru meminta murid membuat refleksi dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan untuk perbaikan dipertemuan
selanjutnya.
3. Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
PENILAIAN
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
Teknik
Instrumen : Jawaban singkat
Instrument : Perintah Tulis
Instruction : Arrange the jumble picture
into good one!
Rubrik
Penilaian
ü Susunan
benar Waktu cepat : nilai 91 - 100
ü Susunan
benar Waktu lambat :
nilai 81 - 90
ü Susunan
salah Waktu cepat : nilai 71 - 80
ü Susunan
salah Waktu lambat : Nilai 60 -
70
ü Tidak
menjawab / Kosong : nilai 0
PERTEMUAN
6
JOINT
CONSTRUCTION OF TEXT
KEGIATAN AWAL ( 10 Menit )
1. Guru
memberi salam dan menayakan keadaan murid
2. Guru
memeriksa kehadiran murid
3. Guru
menyampaikan materi dan mamfaat dari materi yang akan dipelajari.
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran
5. Guru
menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran
6. Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran (
Diskusi Kelompok dan Tugas Individu, Presentasi dan Tugas Mandiri )
7. Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari ( Apersepsi )
KEGIATAN INTI
1.
Guru meminta murid duduk dalam kelompok.
Satu kelompok terdiri dari 2 atau 3
orang ( 3 Menit )
2. Guru
Membagikan LKPD 5 ( 2 Menit )
3. Guru
meminta murid memilih tema yang mereka sukai ( 5 Menit )
4. Murid
membuat kalimat sederhana berdasarkan
tema yang mereka pilih ( Exercise 5 :
Creating Tips ) ( 30 Menit )
5. Guru
dan murid membahas paragraph yang sudah disusun ( 10 Menit )
6. Guru
dan Murid mempresentasikan Latihan yang
sudah dikerjakan ( 10 Menit )
KEGIATAN AKHIR ( 10 Menit )
1. Guru bersama-sama murid membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
2. Guru meminta murid membuat refleksi dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan untuk perbaikan dipertemuan
selanjutnya.
3. Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
PENILAIAN
Teknik
Penilaian : Produk
Teknik
Instrumen : Text Tulis
Instrument : Perintah Tulis
Instruction
- 1. Pay
attention to the themes below!
- 2. Choose
one theme that you like most!
- 3. Create
a simple text about the theme!
- 4. Collect
it to the teacher!
Theme
- 1. Tips
to have many friends
- 2. How
to study effectively
- 3. The
way to prevent cleanliness environment
- 4. Tips
to buy android
- 5. How
to stay healthy
- 6. Tips
to be happy forever
- 7. Tips
to avoid Bullying at school
- 8. How
to have glowing face
Kunci
Berdasarkan jawaban murid
Rubrik Penilaian
Tata Bahhasa
1.
Tidak sesuai tata bahsa / Grammar
2.
Banyak tata bahasa / Grammar yang tak
sesuai
3.
Sedikit tata bahasa / Grammar yang tak
sesuai
4.
Sesuai tata bahasa / Grammar
Struktur teks
1. Tidak runtut
2. Cukup runtut
3. Runtut
4. Sangat runtut
Pilihan kata
1. Tidak cocok
2. Cukup cocok
3. Cocok
4. Sangat cocok
Kesesuaian isi dengan tema
1. Tidak sesuai
2. Cukup sesuai
3. Sesuai
4. Sangat sesuai
Kreativitas
1. Tidak menarik
2. Cukup menarik
3. Menarik
4. Sangat menarik
Kerapian
1. Tidak rapi
2. Cukup rapi
3. Rapi
4. Sangat rapi
Pedoman penilaian
Skor
maksimal : Jumlah
Soal x Nilai Tertinggi
: 6 x 4 = 24
Nilai : Jumlah nilai x 100
Skor maksimal
PENILAIAN
Teknik
Penilaian : Praktek
Teknik
Instrumen : Presentasi Reading Text
Instrument : Perintah Lisan
Instruction : Read aloud your text in front
of the classroom!
Rubrik
Penilaian
Pronouncation
- 1. Banyak
kesalahan dan mengganggu makna
- 2. Ada
beberapa kesalahan dan menganggu makna
- 3. Ada
kesalahan tapi tidak menganggu makna
- 4. Hampir
tidak ada kesalahan / sempurna
Intonation
- 1. Banyak
kesalahan dan mengganggu makna
- 2. Ada
beberapa kesalahan dan menganggu makna
- 3. Ada
kesalahan tapi tidak menganggu makna
- 4. Hampir
tidak ada kesalahan / sempurna
Fluency
1. Tidak lancar / terbata – bata
2. Cukup lancar
3. Lancar
4. Sangat lancar
Clarity
of Reading
- 1. Tidak
jelas terdengar
- 2. Cukup
jelas terdengar
- 3. Jelas
terdengar
- 4. Sangat
jelas terdengar
Pedoman
penilaian
Skor
maksimal = Banyak aspek
x skor tertinggi
4
x 4 = 16
Nilai
= Jumlah nilai : skor
maksimal x 100
PERTEMUAN
7
INDEPENDENCE
CONSTRUCTION OF TEXT
KEGIATAN AWAL ( 10 Menit )
- 1. Guru
memberi salam dan menayakan keadaan murid
- 2. Guru
memeriksa kehadiran murid
- 3. Guru
menyampaikan materi dan mamfaat dari materi yang akan dipelajari.
- 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran .
- 5. Guru
menyampaikan aspek – aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran
- 6. Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran (
Diskusi Kelompok dan Tugas Individu, Presentasi dan Tugas Mandiri )
- 7. Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari ( Apersepsi )
KEGIATAN INTI ( 60 Menit )
1. Guru
meminta murid membuat sebuah notice berupa Tips pada LKPD 6 (
Exercise 6 : Notice : Tips ) ( 45 Menit )
2. Guru
dan murid berdiskusi tentang teks Tips sederhana yang sudah di buat ( 10 Menit )
3. Murid
mengumpulkan hasil kerjanya ke guru ( 5 Menit )
KEGIATAN AKHIR ( 10 Menit )
1. Guru bersama-sama murid membuat
rangkuman/simpulan Pelajaran
2. Guru meminta murid membuat refleksi dari
pembelajaran ini dan membuat kesepakatan untuk perbaikan dipertemuan
selanjutnya.
3. Guru menyampaikan Rencana Pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
PENILAIAN
Teknik
Penilaian : Produk
Teknik
Instrumen : Text Tulis
Instrument : Perintah Tulis
Instruction
Create a simple Notice text about
tips!
Kunci
Berdasarkan jawaban murid Rubrik Penilaian
Tata Bahasa
1. Tidak sesuai grammar dan tense
2. Cukup sesuai grammar dan tense
3.
Sesuai
grammar dan tense
4.
Sangat sesuai
grammar dan tense
Struktur teks
1. Tidak runtut
2. Cukup runtut
3. Runtut
4. Sangat runtut
Pilihan kata
1. Tidak cocok
2. Cukup cocok
3. Cocok
4. Sangat cocok
Kesesuaian isi dengan tema
1. Tidak sesuai
2. Cukup sesuai
3. Sesuai
4. Sangat sesuai
1. Tidak menarik
2. Cukup menarik
3. Menarik
4. Sangat menarik
Kerapian
1. Tidak rapi
2. Cukup rapi
3. Rapi
4. Sangat rapi
Pedoman penilaian
Skor
maksimal : Jumlah
Soal x Nilai Tertinggi
: 6 x 4 = 24
Nilai : Jumlah nilai x 100
Skor maksimal
BAHAN AJAR TEXT
TEXT
1
TEXT
2
TIPS FOR GOOD
ORAL HYGIENE 1.
Use
fluoride toothpaste as it’s been proven to help prevent tooth decay. 2.
Make
it a daily habit to floss or use an inter-dental brush to remove bacteria
and food debris in between teeth and under the gum line. 3.
Avoid
frequent snacking on food or drinks high in sugars or acid. These can
accumulate to form plaque. 4.
Limit
between-meal snacks to two a day. 5.
Visit
a dentist regularly so that dental problems can be detected and treated
promptly. 6.
Get
your teeth professionally cleaned at regular intervals. |
1. PPt.
1 : Vocabulary
2. PPt.
2 :
Imperative sentence
BAHAN AJAR YOU TUBE
1. https://youtu.be/99Jqk3mZQRQ
2. https://youtu.be/HnikOKLcGSY
BAHAN AJAR BLOG
https://dodinotesaja.blogspot.com/2025/01/tips-notice-text.html
REFLEKSI GURU
ü Apakah
kegiatan pembelajaran berjalan sesuai rencana? ü Apakah
siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik? ü Apakah
siswa senang dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran? ü Kesulitan
apa yang dialami ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran ini? ü Apa
langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran? |
REFLEKSI MURID
ü Bagaimana
perasaanmu selama mengikuti pembelajaran? ü Bagian
mana yang paling kamu sukai? ü Bagian
mana yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini? ü Apa
yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu? ü Jika
kamu diminta untuk memberikan bintang 1 – 5, berapa bintang akan kamu
berikan pada usaha yang kamu lakukan? |
1.
Membaca berbagai jenis text Notice berupa Tipsyang ada di
blog dengan link : https://dodinotesaja.blogspot.com/2025/01/tips-notice-text.html 2. Membaca
referensi lain di buku, di internet dan media lainnya |
Instruction 1.
Pay attention to the pictures! 2.
Choose one picture that you like
most! 3.
Create a simple tips based on the
pictures you choosed! 4.
Collect it in form of product. It
can be manual or in digital. 5.
Happy working |
1. Untuk
murid yang kesulitan belajar topik ini, akan diberikan waktu khusus. Materi
untuk murid yang kesulitan belajar adalah dengan mengulang aktivitas yang
sudah dikerjakan dengan lembar kerja yang sama (drilling) 2. Melaksanakan
tutur sebaya, Murid yang sudah menguasai materi dengan sangat baik, akan
melakukan bimbingan kepada temannya yang belumpaham dengan materi
pembelajaran |
DAFTAR PUSTAKA
1. English
for Nusantara untuk SMP/MTs Kelas VIII . Penerbit Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2. https://dodinotesaja.blogspot.com/2025/01/tips-notice-text.html
3. https://youtu.be/99Jqk3mZQRQ 4. https://youtu.be/HnikOKLcGSY
5.
BUKU
BAHASA INGGRIS UNTUK SMP/MTs KELAS 8
Penerbit : Yrama Widya 6.
Let’s Talk for Grade VIII Junior High School. Penerbit
Pakar Arya 7.
Kamus |
Pangkalan
Kerinci, Januari 2025
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Study
Dr. MARISAH, S.Ag, M.Pd DODI INDRA. S.S
NIP : 19710306 200312 2 003 NIP : 19780227 201001 1 009
0 komentar:
Posting Komentar